Cara sehat mengendalikan amarah

Marah merupakan ekspresi emosi yang dimiliki oleh setiap manusia di muka bumi. Marah bisa mempengaruhi kondisi mental dan fisik serta menyebabkan stres yang berdampak merusak kesehatan. Apalagi orang yang sering marah-marah bisa mempercepat penuaan pada wajah. Untuk itu diperlukan pengendalian diri saat marah, caranya gimana? 


1. Tarik nafas dalam-dalam
Saat rasa marah sudah memuncak dan sudah mencapai ubun-ubun, cobalah menarik nafas dalam-dalam. Karena dengan banyaknya oksigen yang masuk pada tubuh kita rasa marah kita perlahan-lahan memudar.

2. Katakan langsung
Saat kau tidak menyukai sesuatu atau sama orang alangkah baiknya untuk mengatakan secara langsung tapi tidak perlu berteriak atau membuat keributan. Hal ini lebih baik daripada dipendam dalam hati yang bisa menyebabkan emosi.

3. Tertawa pada diri sendiri
Marah dan tawa diumpamakan sebagai dua sisi mata uang yang sama. Saat marah-marah lebih baik  belajar untuk menertawakan diri kita sendiri, nah dengan melakukan hal tersebut anda bisa meredakan amarah.

4. Bertemu teman
Saat emosi marah melanda ada baiknya untuk melakukan sesuatu yang lain atau bertemu dengan teman. Bertemu teman dan bersenang-senang bersama mereka dapat membuat pikiran menjadi tenang.

5. Meditasi
Salah satu cara sehat mengurangi marah adalah dengan melakukan meditasi setiap hari. Meditasi bermanfaat untuk membantu mental anda menjadi lebih kuat dan tenang.

0 Response to "Cara sehat mengendalikan amarah"

Posting Komentar