Google merayakan ulang tahun Henri de Toulouse Lautrec ke 150

Hari ini google merayakan ulang tahun Henri de Toulouse Lautrec ke 150, dengan memasang gambar Henri de Toulouse Lautrec di atas mesin pencari. Siapa dia? Henri de Toulouse Lautrec merupakan seorang pelukis pada abad 19.


Menurut sejarah, Henri memulai karir melukis sejak usia 14 tahun. Dia mulai menekuni profesi tersebut karena pekerjaan melukis tidak membutuhkan banyak gerak dan disamping itu Henri mengalami patah kaki sehingga membuat dia tidak bisa bergerak dengan bebas.

Henri de Toulouse Lautrec terlahir dari keluarga yang berkecukupan sehingga dia tidak terlalu memikirkan akan masalah keuangan. Karena itu dia bisa melakukan banyak hal seperti mengamati kehidupan orang dan dituangkan ke dalam sebuah lukisan. Oleh sebab itu Henri sangat terkenal akan lukisan yang bersifat impresionisme. 

Ia sangat suka melukis di tempat yang banyak dikunjungi orang  seperti daerah Montmartre,Moulin Rouge. Lukisan yang dibuatpun selalu menggunakan objek orang khususnya para wanita seperti penari, artis, sirkus dan masih banyak lainnya. Lukisan yang terkenal miliknya adalah Yvette Guilbert, Jane Avril, dan la Goulue. Semua lukisan tersebut berlatar belakang di kota paris. 

Henri meninggal pada tanggal 9 September 1901. di Chateau de Malrome. Meski hidupnya singkat, dia telah menghasilkan banyak lukisan sekitar 1000 lukisan, 5000 gambar dan 350 poster.

0 Response to "Google merayakan ulang tahun Henri de Toulouse Lautrec ke 150 "

Posting Komentar