Manfaat memelihara tanaman dalam ruangan

Memelihara tanaman biasanya dilakukan di luar ruangan. Namun ada juga yang memeliharanya di dalam ruangan. Alasannya karena untuk memperindah ruangan dan memberikan kesan agar dalam ruangan tersebut menjadi lebih hidup. Tetapi banyak orang yang tidak tahu bahwa memelihara tanaman dalam ruangan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Nah, apa saja manfaatnya?.


1. Meningkatkan kesehatan pernafasan
Salah satu manfaat utama dari memelihara tanaman dalam ruangan adalah meningkatkan kualitas udara. Kita tahu bahwa saat bernafas, kita menghirup oksigen kemudian melepaskan menjadi karbondioksida. Jika anda memelihara tanaman dalam ruangan, maka karbondioksida tersebut akan diserap oleh tanaman tersebut dan akan dilepaskan menjadi oksigen saat fotosintesis. Sehingga kualitas udara dalam ruangan akan meningkat.

2. Mempercepat pemulihan
Kita sering melihat di dalam ruangan rumah sakit sering ditemukan tanaman. Tanaman tersebut tidak hanya untuk menjadi hiasan tapi dapat mempercepat pemulihan pasien setelah dioperasi. Selain pemulihan, tanaman juga bermanfaat untuk menghilangkan stres.

3. Mengurangi alergi
Memelihara tanaman di dalam ruangan dapat mengurangi debu dan meningkatkan kadar kelembapan. Selain itu, tanaman hias juga dapat mengurangi penyakit pernafasan dan alergi.

4. Meningkatkan fungsi kognitif
Tanaman yang ada di dalam ruangan juga mampu meningkatkan konsentrasi, mengingat dan termasuk mencegah stres. Kemampuan konsentrasi akan meningkat sebanyak 70 persen jika ada tanaman dalam ruangan.

0 Response to "Manfaat memelihara tanaman dalam ruangan"

Posting Komentar