Cara mengendalikan emosi dan amarah

Rasa senang, sedih dan marah merupakan ekspresi normal yang dimiliki oleh manusia, terutama rasa marah. Rasa marah bila tidak dikeluarkan maka dapat menyebabkan ledakan emosi yang besar. Namun, bila anda tidak bisa mengendalikan rasa marah maka dapat berdampak buruk pada rekan kerja dan teman yagn ada di sekitar anda. Untuk itu ada cara lebih mudah untuk mengendalikan rasa marah.

1. Menarik nafas dalam-dalam
Jika ada merasa terganggu dan mulai merasa marah, ada baiknya untuk mulai menarik nafas dalam-dalam. Cara tersebut dapat membuat otot anda menjadi lebih rileks. Cara ini sangat efektif bila dilakukan dengan menghitung sampai bilangan sepuluh.

2. Mendengarkan musik
Cara lain untuk menghindari rasa marah adalah dengan mendengarkan musik kesukaan anda. Musik sangat membantu dalam menenangkan jiwa anda yang sedang terusik oleh sesuatu hal dan sekaligus menenangkan pikiran anda.


3. Meditasi
Saat merasa marah cobalah untuk bermeditasi agar membuat diri anda bisa tenang dan bisa meredakan emosi yang sedang melanda.

4. Melakukan aktivitas fisik
Salah satu cara untuk menghilangkan emosi adalah dengan melakukan kegiatan atau aktivitas fisik. Ada berbagai macam aktivitas fisik yang bisa anda lakukan seperti olahraga, jalan-jalan, berenang dan masih banyak lainnya.

0 Response to "Cara mengendalikan emosi dan amarah"

Posting Komentar