5 Manfaat sehat dari mendengarkan musik

Bob Marley sering berkata "One good thing about music, when it hits you, you feel no pain". Artinya bahwa musik memiliki manfaat ajaib yang dapat menyembuhkan kita secara fisik maupun emosional. Musik dapat membuat kemampuan linguistik anda menjadi meningkat, membuat koordinasi fisik jalan anda menjadi baik, dan bisa mengurangi resiko penyakit pikun di usia senja. Selain itu, ada beberapa manfaat kesehatan dari mendengarkan musik. Apa saja itu?

1. Meningkatkan kecerdasan
Anak-anak harus diberikan pendidikan musik karena bisa meningkatkan kesehatan otak pada anak dan meningkatkan keterampilan visual atau verbal mereka. IQ buah hati bisa meningkat bila diajari bermain musik sejak dini.

2. Meredakan nyeri
Musik diketahui bisa menyembuhkan nyeri. Kok bisa? Alasannya karena musik bekerja dengan sistem saraf agar meringankan rasa sakit. Oleh karena itu, musik sering digunakan sebagai terapi di rumah sakit saat melahirkan dan menyembuhkan nyeri pasca operasi. 

3. Meningkatkan kesehatan otak
Bagi orang yang berusia senja atau tua, mendengarkan musik dapat membuat otak tetap muda dan sehat. Mendengarkan musik juga berguna sebagai sarana latihan otak karena bisa melatih imajinasi anda.

4. Memperbaiki suasana hati
Saat anda sedang kesal karena suatu masalah, mendengarkan musik bisa menjadi pilihan. Mendengarkan musik mampu meredakan emosi anda karena ketika anda mendengarkan musik favorit maka otak akan melepaskan zat yang bernama dopamin yang bermanfaat untuk meredakan suasana hati yang sedang tegang.

5. Meningkatkan kualitas tidur
Menyembuhkan penyakit insomnia sangatlah mudah. Anda cukup dengan mendengarkan musik maka pikiran dan jiwa akan terasa tenang serta membuat tidur anda semakin nyenyak.

0 Response to "5 Manfaat sehat dari mendengarkan musik"

Posting Komentar