5 Nutrisi penting penjaga kesehatan kehamilan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi sangat diperlukan apabila anda sedang hamil. Semua nutrisi yang terkandung dalam berbagai macam makanan seperti buah, sayur, daging tanpa lemak dan produk susu memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan bagi diri anda dan kandungan. Berikut nutrisi penting yang harus dikonsumsi bagi ibu hamil.

1. Kalsium
Kalsium sangat diperlukan agar kandungan tetap sehat. Kalsium berperan penting untuk menguatkan tulang bagi ibu hamil dan meningkatkan pertumbuhan tulang janin.

2. Asam folat
Asam folat bisa membantu menurunkan resiko cacat lahir pada janin seperti kerusakan pada otak, sumsum tulang belakang, cacat jantung serta bibir sumbing. Bila anda sedang merencanakan kehamilan sebaiknya untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung 400 mcg asam folat setiap hari. Makanan yang mengandung asam folat adalah sayuran berdaun hijau, serelia, dan kacang-kacangan.

3. Vitamin D
Bayi beresiko terkena rakhitis, pertumbuhan tidak normal dan menghambat pertumbuhan fisik bila kekurangan vitamin D.  Selain itu, kekurangan vitamin D dapat meningkatkan resiko terkena preeklamsia yang bisa membuat Anda melahirkan secara caesar.

4. Zat besi
Zat besi sangat diperlukan bagi ibu hamil dan janin karena membawa oksigen ke dalam tubuh. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia dan bayi lahir prematur.

0 Response to "5 Nutrisi penting penjaga kesehatan kehamilan"

Posting Komentar