Rahasia di balik air mata

Mengeluarkan air mata atau menangis merupakan hal wajar yang dilakukan oleh semua orang sejak mereka masih bayi. Mengeluarkan air mata memiliki banyak alasan, mulai dari sedih, marah, senang dan bisa juga menangis tanpa alasan. Meski begitu, banyak manusia yang tidak mengenal arti dalam tangisan tersebut. Padahal setiap air mata yang dikeluarkan oleh banyak orang berbeda-beda.

Kelenjar air mata atau lacrimal gland memproduksi air mata yang terletak di antara kelopak dan bola mata. Saat seseorang menangis, mereka akan jadi lebih sering berkedip agar air mata bisa menyebar ke seluruh bagian dalam mata. Bahkan hidung juga mengeluarkan air saat seseorang menangis. Alasannya karena air mata ikut masuk ke saluran hidung. 

Kalian tahu bahwa wanita menangis selama enam menit lebih lama dibandingkan pria yang menangis hanya membutuhkan waktu dua menit, hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan. Faktanya, tidak semua air mata itu sama. Setiap jenis air mata diproduksi dengan alasan yang berbeda. Berikut merupakan jenis air mata yang dikeluarkan oleh seseorang.
Rahasia di balik air mata

1. Air mata refleks
Air mata refleks biasanya bertugas melindungi mata dari debu atau kotoran yang berusaha masuk ke dalam mata. Jenis air mata ini dibuat di saraf sensorik pada kornea yang akan bereaksi saat ada iritasi masuk ke mata.

2. Air mata basal
Air mata ini memiliki kandungan zat protein di dalamnya serta zat lain untuk menjaga kesehatan mata dan melawan berbagai infeksi pada mata.

3. Air mata emosi
Jenis air mata ini biasanya muncul saat kita sedang emosi dan kesakitan. Bisa juga muncul saat senang, stres, marah dan lainnya. Cerebrum merupakan bagian otak yang mengatur emosi seseorang. Air mata dipicu oleh cerebrum. Jenis air mata ini mengandung protein yang bernama prolactin yang membantu mengontrol produksi air susu pada wanita.




0 Response to "Rahasia di balik air mata"

Posting Komentar