Google Doodle Merayakan Ulang Tahun Alessandro Volta ke-270

Farhaki - Hari ini bila anda pengguna chrome pasti melihat sesuatu yang berbeda tentang mesin pencari google. Iya, Google doodle hari ini merayakan ulang tahun Alessandro Volta yang ke 270. Perlu diketahui bahwa Google Doodle selalu menampilkan seorang tokoh penting dalam setiap waktu tertentu, kadang juga memperingati hari sejarah penting setiap negara.

Sebenarnya siapa dia? Alessandro Volta adalah seorang fisikawan cerdas yang lahir pada tanggal 18 Februari 1975 dan berasal dari italia serta seorang penemu yang berhasil menciptakan baterai elektrik. Dia bersama kawannya yang bernama Luigi Galvani (seorang profesor di bidang anatomi) sedang melakukan eksperimen yaitu pembedahan katak.

Mereka berdua kaget karena ada kejutan listrik pada katak yang mati dan membuat kaki katak bergerak, lalu Galvani mengambil kesimpulan bahwa hampir setiap tubuh hewan memiliki aliran elektrik spesial. Berdasarkan teori tersebut, Volta melakukan eksperimen dan memiliki teori yang lain bahwa kejutan listrik tersebut disebabkan oleh dua logam berbeda yang menyentuh badan katak. 

Google Doodle Merayakan Ulang Tahun Alessandro Volta ke-270
Dari hasil uji coba tersebut, terciptalah baterai listrik pertama di dunia yang menghasilkan arus listrik secara konsisten bernama Pile Voltaic. Setelah penemuan baterai listrik pertama, banyak para ilmuwan menyempurnakan baterai yang ditemukan oleh Alessandro Volta. Mereka berusaha menyempurnakannya agar bisa lebih mudah digunakan oleh masyarakat luas. Banyak ilmuwan yang ikut berpartisipasi misalnya : Thomas Edison berhasil menciptakan baterai alkaline, Calvin Fuller, Daryl Chapin, dan Gerald Pearson juga berhasil menemukan baterai surya pertama.

0 Response to "Google Doodle Merayakan Ulang Tahun Alessandro Volta ke-270"

Posting Komentar