11 Manfaat Buah Kelengkeng bagi Kesehatan

Apa anda suka makan buah kelengkeng? Buah kelengkeng memiliki banyak nama lain seperti badaro dan mata kucing. Meskipun namanya berbeda-beda tapi buah ini memiliki berbagai macam khasiat kesehatan bagi tubuh. Disarankan untuk mengkonsumsi buah kelengkeng secara teratur agar mendapat manfaatnya. Buah kelengkeng bisa dimakan langsung dan dibuat minuman segar.

Buah kelengkeng kaya akan kandungan nutrisi di dalamnya seperti vitamin A, B, B1, B2, B3, C , zat besi, mangan, magnesium, fosfor, seng, dan asam tartik serta ada juga kandungan senyawa penting bagi tubuh seperti fitokimia dan semuanya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi pada buah kelengkeng sangat banyak bukan? maka dari itu selalu sedia atau beli buah kelengkeng dan nikmati rasa serta manfaat sehatnya. Berikut ini manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan.

Anti depresi
Manfaat buah kelengkeng adalah sebagai obat anti depresi alami seperti mengurangi rasa lelah, memiliki efek menenangkan, dan meningkatkan fungsi syaraf dalam tubuh. Selain itu, manfaat buah kelengkeng yang lain adalah menyembuhkan penyakit insomnia atau tidak bisa tidur.

manfaat buah kelengkeng
Membantu kerja jantung dan limpa
Bila ingin terhindar dari penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke maka makan buah kelengkeng bisa mengatasinya. Buah kelengkeng mampu membuat kinerja jantung dan limpa menjadi ringan.

Mempercepat proses penyembuhan
Buah kelengkeng mengandung polifenol yang dapat menangkal serangan radikal bebas yang menjadi penyebab rusaknya sel dalam tubuh. Selain itu manfaat buah kelengkeng yang lain adalah mengurangi resiko terkena berbagai macam kanker berbahaya.

Melancarkan sirkulasi darah
Buah kelengkeng  bisa melancarkan sirkulasi darah dan sangat pas dikonsumsi penderita anemia. Secara ilmiah telah terbukti kalau buah kelengkeng mampu mengendalikan kadar zat besi dalam tubuh.

Diet
Kandungan kalori dalam buah kelengkeng sangatlah rendah sekitar 35 kalori yang sangat pas dijadikan menu makan orang yang menjalani program diet. 

Sumber energi
Kelengkeng mengandung karbohidrat yang kompleks meskipun buah ini memiliki lemak dan kalori. Gunanya karbohidrat yang kompleks adalah meningkatkan stamina dan memasok energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mencegah demam dan flu
Buah kelengkeng mengandung vitamin C dan itu artinya mampu melindungi tubuh anda dari serangan demam dan flu.

Kesehatan kulit
Buah kelengkeng sangat bagus buat kesehatan kulit karena mengandung anti aging dan itu berarti manfaat sehat lainnya adalah dapat mengurangi kerutan di dekat mata, mengurangi resiko pengelupasan kulit, dan mencerahkan warna kulit.

Mengobati gigitan ular
Biji kelengkeng bisa dijadikan obat alami untuk menyembuhkan gigitan ular dengan cara diurut di daerah yang digigit. Biji kelengkeng tadi akan menghisap racunnya dan sekaligus menyembuhkan luka.

Manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan rambut
Biji kelengkeng mengandung zat saponin yang bagus untuk membuat rambut menjadi semakin indah dan lebat.

Manfaat buah kelengkeng untuk luka bakar
Kulit kelengkeng bisa dijadikan obat untuk mengatasi luka bakar dengan cara ambil kulit kelengkeng lalu dibakar sampai menjadi arang lalu ditumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan minyak tung. Setelah itu campuran tadi dibubuhkan atau ditaburkan pada daerah yang terkena luka bakar.

Baca Manfaat buah tomat untuk wajah

0 Response to "11 Manfaat Buah Kelengkeng bagi Kesehatan"

Posting Komentar