Manfaat Buah Sukun bagi Kesehatan Tubuh

Buah sukun adalah buah yang memiliki segudang kesehatan bagi tubuh. Tanaman sukun banyak ditemukan di wilayah pasifik selatan. Setiap satu musim, satu pohon sukun mampu memproduksi 200 buah pada setiap tahunnya. Sebelum matang buah sukun berwarna hijau mirip dengan buah melon. Kalau nampak kekuning-kuningan maka tandanya buah tersebut sudah matang. Saat matang buah sukun memiliki tekstur dan aroma yang khas serta tidak memiliki biji. Warna dagingnya pun berwarna krem kekuningan. Perlu diketahui kalau ada dua jenis buah sukun.

1. Sukun unggulan
Jenis sukun ini biasanya dijadikan gorengan di wilayah indonesia karena bisa dibakar, direbus, digoreng, dan dipanggang.

2. Sukun tanpa biji
Kalau jenis sukun ini sih bisa langsung dimakan mentah tanpa dimasak. Di negara india buah sukun tanpa biji yang direbus sangat ampuh dalam mengobati tekanan darah tinggi dan mengurangi asma bronkial.


Berbagai macam kandungan gizi penting untuk kesehatan dapat ditemukan pada buah sukun seperti : serat, protein, gula, karbohidrat, energi, mineral, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, sodium, kalium, folat, niacin, thiamin dan lainnya. Berikut ini manfaat buah sukun bagi kesehatan tubuh.

Manfaat daun sukun bagi kadar gula darah
Diabetes disebabkan oleh kadar gula darah yang berlebih. Kalau sudah seperti ini maka darah akan sulit mengering dan bisa-bisa menyebabkan amputasi. Kandungan flavonoid pada buah sukun bermanfaat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga penyakit susulan tidak akan muncul lagi yang dikarenakan tingginya kadar gula darah.

Menurunkan kadar kolesterol
Kadar kolesterol yang baik itu adalah yang tidak berlebihan dan dalam batas yang normal. Kalau berlebihan maka semakin lama akan menumpuk terus menyumbat pembuluh darah sehingga mengganggu jalannya pengiriman sari makanan ke seluruh tubuh. Untuk mengatasinya kadar kolesterol yang tinggi disarankan untuk minum air rebusan daun sukun yang caranya sama dengan membuat teh. Minum teh daun sukun ruin setiap hari dipercaya menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Mencegah penyakit jantung
Manfaat buah sukun yang lainnya adalah mencegah penyakit jantung dan ini masih berkaitan dengan penurunan kadar kolesterol. Kinerja jantung akan menjadi lebih berat kalau kadar kolesterol berlebih menyumbah pembuluh darah. Mengkonsumsi daun sukun yang dibuat seperti teh atau direbus bisa menghancurkan kolesterol yang menyumbah pembuluh darah.

Manfaat daun sukun untuk penyakit ginjal
Penyarigan darah itu sangat penting dan kinerja ginjal sangat dibutuhkan. Sayangnya kesehatan ginjal selalu terancam dan untuk mencegah terjadinya disfungsi ginjal maka pengobatan herbal sangat disarankan. Kandungan saponin, asam hidrosianat, kalium, dan beberapa lainnya yang kaya pada daun sukun sangat ampuh menghancurkan batu ginjal yang menumpuk. Batu ginjal yang hancur nantinya akan dikeluarkan saat kita buang air kecil.

Khasiat daun sukun untuk melawan asam urat
Pada cuaca dingin penyakit asam urat akan selalu muncul dan untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi daun sukun. Caranya adalah dengan merebus daun sukun yang sudah dikeringkan lalu air rebusan tadi bisa dicampur dengan madu kemudian diminum. Daun sukun bisa mencegah penyakit asam urat datang kembali ketika cuaca dingin.

Baca 8 Manfaat buah zaitun bagi kesehatan

0 Response to "Manfaat Buah Sukun bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar