Manfaat buah timun bagi kesehatan

Timun, ketimun atau mentimun merupakan buah yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari apalagi kita tinggal di iklim tropis sehingga timun bisa tumbuh dengan subur. Buah ini sering digunakan sebagai pelengkap makanan atau dijadikan rujak dan kalau membahas tentang rujak dipastikan timun ada di dalamnya. Rasanya segar dan tekstur renyah yang terdapat buah timun membuat semua orang suka.

Buah timun banyak sekali manfaat kesehatan untuk tubuh kita dan memiliki kandungan air yang cukup berlimpah sehingga timun bisa menjadi minum air. Timun juga bisa dijadikan bahan perawatan wajah dengan cara dipotong tipis-tipis lalu ditempelkan pada wajah. Khasiatnya tentu saja untuk membuat kulit wajah semakin putih dan bersinar. Berikut ini adalah manfaat buah timun bagi kesehatan.

Perawatan kulit
Buah timun mempunyai sifat diuretik yang efeknya mendinginkan, membersihkan dan bermanfaat untuk kulit kita. Timun mengandung vitamin A, B, dan C, serta berbagai macam mineral seperti potassium, magnesium, silika dan manganese sehingga sangat bagus untuk dijadikan bahan perawatan kulit. Masker wajah yang terbuat dari mentimun juga berkhasiat untuk mengencangkan kulit. Selain itu potongan mentimun yang diletakkan pada kelopak mata mampu mengurangi pembengkakan di sekitar mata.
Manfaat buah timun

Fungsi pencernaan
Timun mengandung serat yang tinggi dan bermanfaat untuk membuang racun yang ada pada saluran pencernaan sehingga kesehatan pencernaan pun terjaga. Selain itu orang yang sering makan buah timun bisa menangkal berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan seperti perut mulas, maag dan sulit buang air besar.

Mengontrol tekanan darah
Seperti yang disebutkan diatas kalau buah timun mengandung berbagai macam mineral seperti potasium, magnesium dan serat yang berguna membantu mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil atau normal. Menurut fakta yang beredar kalau buah ini sangat disarankan dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

Kesehatan ginjal
Bila anda ada masalah dengan kandung kemih dan ginjal maka untuk meringankannya bisa dilakukan dengan makan timun. Kandungan air yang banyak pada mentimun mampu membantu kinerja ginjal dalam proses urinasi.

Kesehatan persendian dan tulang
Kandungan silika pada buah timun dapat meningkatkan kesehatan sendi dengan cara memperkuat jaringan ikat atau disebut dengan jaringan penghubungan antar sendi. Ditambah lagi manfaat lainnya dapat memperbaiki kesehatan tulang.

Perawatan kuku dan rambut
Kandungan silika pada timun cukup tinggi sehingga dapat memperkuat persendian dan juga dapat mencegah rusaknya kuku pada jari tangan dan kaki. Silika pada mentimun juga dapat memperkuat rambut sampai akarnya dan menjaga kesehatan rambut.

Kesehatan gigi dan gusi
Bila ingin menjaga kesehatan mulut seperti gigi dan gusi maka disarankan untuk mengkonsumsi jus dari buah timun. Buah timun yang kaya akan air akan membantu meningkatkan produksi saliva serta menetralkan asam dan basa dalam rongga mulut.

Diabetes
Penderita diabetes kayaknya harus mengkonsumsi buah timun kandungan mineral mangan pada buah ini membantu proses sintesa hormon insulin pada tubuh.

Baca 12 Manfaat Buah Ceri Bagi Kesehatan Tubuh

0 Response to "Manfaat buah timun bagi kesehatan"

Posting Komentar