Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan

Bangun pagi lalu keluar rumah untuk merasakan sejuknya udara pagi memang kegiatan paling malas yang hanya sedikit orang yang mau melakukannya. Udara yang masih segar ini sangat bagus bagi kesehatan karena masih belum tercemari oleh asap kendaraan bermotor. Di waktu pagi memang paling baik melakukan olahraga paling murah sedunia yakni lari pagi. Anda tidak perlu memikirkan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk lari pagi karena hanya dibutuhkan dua hal saja yakni tempat yang nyaman buat lari pagi dan sepatu olahraga. Seharusnya lari pagi adalah salah satu kegiatan rutinitas yang dilakukan setiap hari karena manfaat kesehatannya banyak sekali seperti berikut ini.

Umur lebih panjang
Menurut penelitian bahwa lari pagi manfaatnya tidak hanya memiliki efek jangka pendek tapi juga efek jangka panjang. Ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang diperoleh kalau orang yang berlari sejauh 56 km maka dapat menekan resiko kematian hingga 54 persen, sungguh luar biasa bukan manfaatnya. Maka dari itu mulai detik anda harus terbiasa lari pagi.

Kesehatan jantung
Menurut penelitian baru lainnya mengungkapkan kalau orang sering lari pagi sejauh 16 km dalam seminggu mampu mengurangi resiko tekanan darah hingga 39 persen lalu endapan kolesterol dalam tubuh bisa berkurang hingga 34 persen. Dengan mengurangi endapan kolesterol maka kesehatan jantung semakin meningkat kemudian manfaat lainnya bisa mengendalikan jumlah kolesterol dalam tubuh sehingga bisa terhindar dari obesitas.

Mencegah impotensi
Lari pagi sangat disarankan bagi pria karena dapat membantu fungsi kebugaran organ reproduksi dan dapat mencegah impotensi hingga 83 persen. Itu sebabnya para pria harus terbiasa lari pagi setiap hari kalau bisa.

Memperkuat tulang
Universitas Missouri pernah mengadakan penelitian tentang kepadatan tulang pada orang yang sering lari pagi. Hasilnya orang yang sering lari pagi kepadatan tulangnya lebih baik dibandingkan dengan orang yang suka bersepeda bahkan selisihnya hanya sekitar 16 persen. Jadi intinya adalah kalau olahraga lagi pagi lebih baik dibandingkan dengan bersepeda tapi keduanya merupakan olahraga yang bagus buat kesehatan tubuh.

Mencegah dimensia
Kali ini manfaat lari pagi buat para wanita. Menurut studi yang diterbitkan kalau wanita yang suka melakukan lari pagi sejak usia remaja maka bisa mengurangi resiko kepikunan saat usia senja nanti. Terlebih lagi manfaat lari pagi bisa meningkatkan kemampuan otak dan daya ingat seseorang.

Memperbaiki kualitas tidur
Menurut penelitian baru-baru ini kalau orang yang mengalami insomnia sering melakukan kebiasaan lari pagi maka berhasil mengatasi tidurnya 17 menit lebih awal dibandingkan yang tidak. Selain itu tidur orang yang terkena insomnia lebih nyenyak setelah rutin melakukan lari pagi.

Membakar kalori
Banyak orang yang rutin lari pagi karena ingin membakar kalori dalam tubuh dan itu memang benar. Berdasarkan penelitian orang yang lari pagi secara rutin tiap hari mampu mengurangi berat badan dua kali lebih efektif dibandingkan jalan pagi. Cara ini sangat cocok bagi orang yang sedang diet dan harus melakukan olahraga ringan ini.

Baca Manfaat Jalan Kaki Di Pagi Hari Bagi Kesehatan.

0 Response to "Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan"

Posting Komentar