Manfaat Lari untuk Kesehatan Tubuh

Menjaga tubuh tetap sehat dan fit itu sebenarnya mudah asalkan rajin olahraga secara teratur tiap hari. Berbagai macam olahraga memang bisa anda dilakukan tapi kalau boleh saya sarankan pilihlah olahraga paling ringan seperti lari.

Salah satu jenis olahraga ringan itu adalah lari karena bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Anda tidak perlu berlari sejauh berkilo-kilo meter untuk mendapatkan tubuh yang sehat, cukup hanya berlari sekitar komplek lingkungan anda itu sudah lebih dari cukup. Selain mudah dilakukan, manfaat lari untuk kesehatan tubuh banyak sekali misalnya berikut ini.

Baik untuk lutut
Penyakit rematik biasanya disebabkan oleh kurangnya pelenturan pada otot. Nah, untuk mengatasinya pun sebenarnya cukup mudah yakni dengan lari tiap hari. Ibaratnya otot itu seperti mesin yang perlu oli agar tetap berjalan dengan baik. Oleh karena itu dengan berlari bisa membuat otot tetap lentur dan menjaganya agar tidak terserang rematik.

Jantung sehat
Jumlah kolesterol dalam tubuh bisa dikurangi asalkan anda rajin berlari setiap hari. Dengan berlari anda akan dipaksa untuk menarik nafas dalam-dalam sehingga jumlah oksigen yang masuk dalam tubuh bisa meningkat. Oksigen tersebut baik untuk kesehatan jantung dan menjaga tubuh tetap semangat setiap hari.

Menurunkan berat badan
Berjalan rutin tiap hari saja sudah dapat menurunkan berat badan apalagi kalau berlari maka dua kali lipat berat badan bisa berkurang banyak. Oleh sebab itu latihan kardio seperti lari dapat mempercepat metabolisme sehingga dapat membakar lebih banyak kalori.

Menekan stres
Dengan berlari anda akan merasa bebas karena bisa melihat pemandangan yang berbeda sehingga efek positif dari berlari adalah dapat menekan stres dan obat anti depresi.

Mengurangi resiko penyakit
Berbagai macam penyakit berat seperti kanker, obesitas dan asma bisa dapat dihindari bila anda mau meluangkan waktu untuk lari tiap hari. Umumnya seorang pelari memiliki kesehatan lebih baik dibandingkan yang jarang berlari.

Meningkatkan stamina
Kekuatan paru-paru bisa meningkat kalau sering berlari. Banyak orang di dunia hanya menggunakan paru-paru sekitar seperempatnya saja. Oleh sebab itu dengan berlari maka paru-paru bekerja sepenuhnya sehingga manfaatnya bisa membuat anda bernafas lebih baik dan meningkatkan stamina.

Meningkatkan konsentrasi
Banyak pelari percaya kalau lari itu ibaratnya seperti meditasi sehingga banyak yang percaya kalau berlari mampu meningkatkan konsentrasi.  


0 Response to "Manfaat Lari untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar