Manfaat makan buah alpukat bagi kesehatan

Buah alpukat merupakan salah satu jenis yang dianggap luar biasa bagi banyak orang karena memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Banyak yang percaya kalau makan alpukat itu buruk bagi kesehatan karena mengandung lemak padahal itu hanya mitos. Buah alpukat sendiri memiliki manfaat untuk mengenyangkan perut lebih lama sehingga membantu menjaga mengendalikan berat badan.

Para ahli kesehatan pun telah melakukan penelitian tentang buah alpukat yang membuat partisipan merasa kenyang lebih lama, terlebih lagi efek positif dari makan buah alpukat adalah mengurangi resiko diabetes, penyakit jantung dan mengelola berat badan. Nah, berikut ini adalah manfaat makan buah alpukat bagi kesehatan.

Manfaat untuk kehamilan
Sumber alami folat bisa ditemukan pada buah alpukat yang berkhasiat bagi perkembangan janin yang sehat. Versi sintesis asam folat pada alpukat sangat dianjurkan bagi wanita yang berencana mau memiliki anak atau hamil.

Alpukat mengandung lemak baik
Tidak sedikit orang yang percaya kalau makan alpukat bisa menambah berat badan karena kandungan lemak yang dimiliki sangat tinggi dan memang alpukat mengandung lemak yang cukup tinggi. Namun, lemak pada alpukat termasuk golongan lemak tak jenuh tunggal atau lemak baik yang membantu menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung.

Sumber vitamin E tinggi
Sumber vitamin E pada alpukat sangat tinggi dan vitamin tersebut sangat penting karena mampu menjaga kesehatan tubuh seara keseluruhan. Vitamin E dapat membantu mengurangi terkena penyakit stroke, kanker, penyakit jantung dan mencegah penuaan dini.

Sumber serat
Pada alpukat mengandung dua jenis serat yakni serat larut dan serat tidak larut. Serat pada buah alpukat ini mampu mengurangi kadar kolestero, mempertahankan fungsi usus dan mencegah meningkatnya gula darah setelah makan.

Lebih sehat dan bebas residu insektisida
Buah alpukat tidak ada peneliti kesehatan yang berani merekayasa secara genetika dan itu artinya buah alpukat bebas residu insektisida. Apalagi kulit luar buah alpukat sangat tebal dan terlindung dari pestisida sehingga buah ini termasuk buah organik.

Alpukat adalah makanan bagi otak
Salah satu makanan buat kesehatan otak adalah buah alpukat. Buah alpukat bila dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi resiko terkena alzheimer. Itu karena adanya kandungan omega 3 dan vitamin E yang sudah terbukti mampu menghentikan laju penyakit alzheimer.

Dapat membantu mencegah stroke.
Makan buah alpukat yang mengandung folat dapat mengurangi resiko terkena stroke. Telah terbukti kalau makan buah alpukat rutin setiap hari mampu terhindar dari penyakit stroke dibandingkan yang jarang makan alpukat.

Melindungi kesehatan mata
Asupan lutein dapat meningkatn pesat kalau sering mengkonsumsi alpukat. Fungsinya sangat penting karena melindungi diri kita dari degenerasi manula dan pembentukan katarak. Sekarang masih dilakukan penelitian lebih lanjut tentang alpukat yang menjaga kesehatan mata.

Baca juga 11 Manfaat buah pir hijau

0 Response to "Manfaat makan buah alpukat bagi kesehatan"

Posting Komentar