3 Tips memperbaiki mood kamu dengan cepat

Salah satu faktor yang bertanggung jawab untuk berbagai rasa dalam diri kita seperti gelisah, muruh, khawatir, keinginan mengonsumsi gula dan cepat marah adalah asalnya dari hormon. Serangkaian kelenjar yang bertindak untuk melepaskan hormon adalah sistem endoktrin.

Pada kaum wanita, otak mereka akan berhubungan dengan adrenal, tiroid dan ovarium yang memicu haid dan ovulasi. Bersamaan itu pula hal tersebut bisa mengatur metabolisme, tingkat energi, respon stres, suasana hati, dan berat badan. Hormon kamu juga bisa terganggu akibat stres.

Stres kronis bisa mengakibatkan peradangan dan mempengaruhi tiroid serta hormon progesteron. Bila progesteron kamu rendah maka dapat menyebabkan depresi, ketidakteraturan menstruasi, insomnia, perubahan suasana hati, nyeri payudara, lelah dan cemas.

Nah, untuk menghindari itu semua maka hal yang paling penting adalah dengan menjaga keseimbangan hormon. Berikut ini ada tiga tips yang dapat menjaga keseimbangan hormon kamu dan sekaligus memperbaiki mood kamu dengan cepat.

Mengurangi gula dan wine
Dua sumber endoktrin yang menyebabkan stres berasal dari gula dan wine. Gula dapat memicu perkembangan bakteri jahat dalam usus dan mengakibatkan peradangan. Wine adalah sejenis minuman keras yang dapat menghambat pembersihan racun dalam tubuh. Kedua hal tadi bisa menyebabkan terganggunya keseimbangan hormon anda.

Tidur
Tidur merupakan salah satu cara sederhana dan efektif untuk mengurangi rasa stres tapi kurang tidur malah bisa menyebabkan stres. Kadar kortisol dalam tubuh akan meningkat bila kurang tidur. Selain itu kurang tidur bisa menyebabkan hal lain seperti selalu menginginkan makanan manis, menaikkan berat badan, dan merasa lemas ketika mau berakvititas. Oleh sebab itu untuk selalu mengusahakan tidur selama 8-9 jam setiap hari. Jangan lupa untuk di tidur siang selama 20 menit.

Menjaga kesehatan hati
Organ hati menjaga metabolisme hormon dan berperan penting dalam menjaga keseimbangan hormon kamu. Hati adalah organ bagian dalam tubuh yang memiliki tugas berat seperti menyaring segala hal yang kamu konsumsi setiap hari mulai dari makanan, minuman, obat. Hati juga menyaring apa saja yang kamu hirup dan apa saja yang diserap oleh kulit.

Jadi mulai sekarang perhatikan pola makan kamu dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, telur, protein, sayuran hijau dan lainnya. Itulah tadi cara untuk mengatasi stres tapi lebih baik lagi untuk mengatasi stres dari sumbernya.

Baca juga

0 Response to "3 Tips memperbaiki mood kamu dengan cepat"

Posting Komentar