5 Cara meningkatkan produktivitas ketika kerja di rumah

Kadang-kadang ketika kita sedang bekerja, ada sebuah kondisi dimana kita tidak bisa bekerja di kantor melainkan di rumah saja. Entah itu dikarenakan kondisi badan lagi kurang enak atau disebabkan hal lain sehingga tidak bisa datang ke kantor dan harus bekerja di rumah.

Saat bekerja di rumah selalu saja ada gangguan yang bisa mengganggu konsentrasi anda dalam bekerja. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa tetap produktif meskipun bekerja di dalam rumah. Berikut ini adalah lima cara meningkatkan produktivitas ketika kerja di rumah.

Mandi dan ganti baju
Salah satu kemewahan ketika sedang bekerja di rumah adalah belum mandi, baju yang kondisinya acak-acakan, dan bekerja di atas kasur. Memang bekerja dalam kondisi tadi memang menyenangkan tapi hal ini malah bisa membuat anda tidak produktif. Cara untuk mengatasinya minimal anda harus mandi dan mengganti baju dengan yang rapi supaya bisa bekerja dengan lebih baik lagi. Lalu jangan lupa membuat batas antara kerja dan waktu istirahat.

Jauhkan diri dari gangguan anggota keluarga
Bekerja di rumah memang enak tapi banyak sekali gangguannya misalnya saja anda sudah memiliki anak yang masih kecil. Usahakan anda bekerja di tempat berbeda dan jarak yang cukup agar si anak tadi tidak mengganggu anda bekerja. Jika bisa si anak bisa diasuh oleh babysitter atau istri anda. Pokoknya anda harus punya ruangan sendiri yang nyaman bila bekerja di rumah.

Siapkan sebuah ruang khusus
Bila bekerja di rumah sebaiknya menyiapkan ruangan khusus agar bisa fokus dengan pekerjaan yang anda punya. Anda tidak perlu membuat ruang kosong untuk bekerja tapi cobalah untuk memanfaatkan ruang di rumah yang sedang tidak dipakai oleh anggota keluarga yang lain. Jangan lupa untuk memilih kursi dan meja yang nyaman untuk bekerja serta ruangan tersebut harus memperoleh cahaya yang cukup untuk menjaga produktivitas anda dalam bekerja.

Kenali batas
Ketika bekerja di rumah akan selalu muncul berbagai macam masalah yang bisa mebuat anda kehilangan fokus seperti memaksakan diri untuk bekerja dalam waktu lama. Ini tidak baik karena bisa menurunkan produktivitas anda dalam bekerja apalagi anda akan kelelahan bila memaksakan diri untuk bekerja dalam waktu lama. Sebaiknya untuk mengenali diri anda dan buat batas waktu supaya bisa bekerja secara maksimal.

Lakukan peregangan dan istirahat
Salah satu cara agar anda tetap produktif ketika bekerja adalah melakukan peregangan dan istirahat sebentar. Bekerja di rumah memang santai tapi tetap saja anda membutuhkan istirahat dan peregangan agar bisa meningkatkan suasana hati dan bekerja pun jadi menyenangkan.

Baca juga

0 Response to "5 Cara meningkatkan produktivitas ketika kerja di rumah"

Posting Komentar