5 Manfaat mengejutkan dari kayu manis untuk rumah tangga

Kayu manis merupakan sejenis rempah-rempah dari indonesia yang memiliki aroma harum dan bisa bikin makanan jadi lebih eksotik serta terasa nikmat. Selain untuk masakan, ternyata kayu manis memiliki manfaat lain yang tidak pernah kita duga sebelumnya.

Kayu manis juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Selain itu, beberapa produk rumah yang menggunakan bahan kimia bisa digantikan dengan kayu manis karena lebih ramah lingkungan. Berikut ini manfaat kayu manis bagi kehidupan sehari-hari pada rumah tangga.

Kayu manis bisa mengharumkan ruangan
Bila anda alergi atau tidak suka dengan pengharum ruangan yang dibuat dari bahan kimia maka bisa mencoba wewangian alami yang bisa diperoleh dari kayu manis. Taburkan dua sendok kayu manis dilantai sebelum anda membersihkan dalam ruangan dan lantai dengan vacum cleaner. Bubuk kayu manis yang dihisap oleh penyedot debu atau vacum cleaner akan menyebarkan aroma khas selagi anda membersihkan ruangan. Namun, cara ini hanya dilakukan di lantai saja dan tidak berlaku pada sofa serta karpet. Bila ditaruh pada karpet kayu manis ini bisa meninggalkan noda yang sulit dihilangkan.

Pengganti kapur barus
Kapur barus biasanya digunakan untuk melindungi dari rayap dan ngengat yang suka merusak baju lama.anda. Supaya terlihat alami maka anda bisa menggunakan potongan kayu manis, rosemary dan lavender dalam kantong kecil kemudian ditaruh atau digantung pada lemari tempat anda menyimpan pakaian lama.

Kayu manis memiliki khasiat untuk perawatan kecantikan
Disebutkan diatas tadi jika kayu manis digunakan untuk perawatan kecantikan. Itu memang benar adanya apalagi bahan dapur yang sering digunakan untuk memasak ini bisa mengatasi jerawat dan mengatasi penuaan dini. Kayu manis adalah salah satu bahan alami yang bisa dipakai sebagai ramuan alami seperti scrub, obat anti jerawat dan lip filler alami.

Meredakan gatal karena gigitan nyamuk
Untuk meredakan rasa gatal karena digigit nyamuk dan beragam serangga lainnya maka bisa menggunakan bahan dapur seperti kayu manis. Caranya cukup mencampurkan madu dan kayu manis dengan perbandingan yang sama lalu diaduk hingga rata dan dioleskan pada bagian tubuh yang digigit nyamuk.

Lilin aromaterapi
Manfaat kayu manis lainnya adalah sebagai pengharum ruangan dan dekorasi rumah. Caranya pun cukup mudah yakni menyiapkan batangan lilin yang diikat bersama kayu manis sehingga menjadi lilin aromaterapi. Selain enak dipandang, panas api dari lilin yang diikat bersama kayu manis akan mengeluarkan aroma sedap dan harum di dalam ruangan anda.

Baca juga

0 Response to "5 Manfaat mengejutkan dari kayu manis untuk rumah tangga"

Posting Komentar