5 penyakit ini yang tidak butuh antibiotik

Antibiotik merupakan resep obat yang biasanya diberikan oleh dokter setelah melakukan pemeriksaan kondisi tubuh. Meskipun antibiotik penting untuk tubuh tapi penting juga untuk kita tahu kapan tubuh memerlukan antibiotik.

Alexander Fleming merupakan seorang penemu salah satu jenis obat antiobiotik yakni penisilin mengungkapkan jika obat antibiotik disalahgunakan maka bisa menyebabkan resistensi bakteri. Nah, untuk menghindari masalah tersebut berdasarkan dari cheatsheet.com, berikut ini adalah 5 penyakit yang tidak membutuhkan antibiotik.

Infeksi telinga
Infeksi telinga paling sering terjadi pada anak-anak. Biasanya tanpa menggunakan antibiotik tubuh bisa mengobati diri sendiri dari infeksi telinga. Proses penyembuhan alami ini membutuhkan waktu minimal tiga hari khususnya bagi anak-anak usia 2 tahun atau lebih tua. Antibiotik baru diberikan ketika anak-anak mengalami infeksi telinga yang berat dan merasakan sakit yang tidak tertahankan. Lebih baik lagi kalau terkena infeksi telinga bisa berkonsultasi ke dokter.

Eksim
Beberapa dokter ternyata ada yang menggunakan antibiotik untuk mengontrol gejala eksim. Namun, biasanya obat antibiotik tidak akan membantu meringankan rasa gatal dan mengatasi kondisi kulit yang semakin parah. Cara sederhana untuk mengatasi eksim adalah dengan cara melembapkan kulit dan menghindari iritasi. Biasanya ketika adanya tanda-tanda infeksi bakteri seperti muncul luka penuh nanah, kulit menjadi merah dan demam baru diberikan resep antibiotik.

Mata merah
Tidak semua penyakit mata seperti mata merah disebabkan oleh bakteri. Biasanya penyebab lain mata merah dikarenakan virus atau alergi. Ketika anda mengalami mata merah yang disebabkan bakteri biasanya mereka akan menghilang sendiri dalam waktu 10 hari. Jika biasanya terjadi kasus seperti maka obat antibiotik tidak diperlukan. Namun, berbeda dengan mata merah yang bisa menular maka kamu memerlukan antibiotik.

Infeksi pernafasan
Sebagian besar orang yang terkena flu dan batuk atau infeksi pernafasan ringan lainnya yang disebabkan oleh virus tidak memerlukan obat antibiotik. Karena biasanya dapat sembuh dalam waktu sekitar 7 hari saja. Namun, anda baru menggunakan antibiotik ketika infeksi pernafasan yang diderita berlangsung selama 10 hari.

Infeksi sinus
Penyakit berikutnya yang tidak membutuhkan antibiotik adalah infeksi sinus. Sinusitis biasanya disebabkan oleh bakteri dan virus. Oleh karena itu untuk mempertimbangkan agar tidak selalu menggunakan antibiotik setiap saat. Tetapi bila belum sembuh selama minimal 10 hari maka kamu bisa menggunakan antibiotik berdasarkan resep dokter.

Oleh karena itu tidak semua penyakit membutuhkan antibiotik karena tubuh memiliki antivirus yang bisa melawan bakteri atau virus penyebab sakit dan menyembuhkannya. Namun, jangan lupakan untuk selalu memeriksakan diri ke dokter.

Baca juga

1 Response to "5 penyakit ini yang tidak butuh antibiotik"

  1. wew...ini berlawanan dengan gaya orang jaman sekarang...sakit flu sedikit udah pake antibiotik, sebenarnya pemberian antibiotik pada anak-anak pun juga membahayakan loh...akan mempengaruhi pertumbuhan dan kadang tampilan gigi jadi seperti rusak....

    BalasHapus