6 Kesalahan yang biasa dilakukan oleh pendaki pemula

Naik gunung sempat menjadi tren anak muda beberapa tahun belakangan ini. Meskipun jumlah pendaki muda semakin banyak tapi kemampuan mereka dalam mendaki dan pengetahuan tentang medan gunung sangat kurang sekali. Ketika mendaki gunung banyak anak muda yang kurang melakukan persiapan sehingga banyak sekali kesalahan yang dilakukan oleh mereka. Berikut ini adalah 6 Kesalahan yang biasa dilakukan oleh pendaki pemula.

Menggunakan baju yang tidak tepat
Hal yang menentukan kenyamanan ketika melakukan perjalanan mendaki gunung adalah memilih baju yang tepat. Banyak pendaki pemula yang memakai celana dari bahan jeans dan ini kesalahan pertama saat mendaki gunung.

Alasan tidak boleh memakai celana dari bahan jeans karena ketika basah celana tersebut susah kering dan bisa membuat tubuh kedinginan. Kesalahan kecil lainnya adalah memakai jaket terlalu tipis dan anti air sehingga tidak cocok dipakai saat mendaki gunung yang dipenuhi oleh udara dingin dan seringkali hujan.

Membawa barang terlalu sedikit
Sebelum mendaki gunung kita harus benar-benar mempersiapkan perbekalan kita. Seseorang harus tahu barang apa yang harus dibawa ketika mendaki gunung. Banyak pemula yang kurang persiapan karena mereka menganggap remeh akan hal itu padahal ini sangat penting sekali untuk mendaki gunung dengan selamat. Hal yang wajib ketika berada di alam liar adalah membawa makanan dan minuman yang cukup selama perjalanan berlangsung.

Tidak mempelajari medan yang dilalui
Pendaki pemula biasanya menganggap remeh medan yang akan dilalui dan kurangnya pengetahuan akan medan itu sendiri. Karena mereka malas mencari informasi maka persiapan yang dilakukan untuk mendaki gunung jadi tidak maksimal. Sebelum mendaki ada baiknya untuk mengetahui beberapa hal misalnya saja lama perjalanan, rute, letak sumber air dan lokasi mendirikan tenda.

Menggunakan sepatu baru
Saat mendaki gunung, pendaki pemula biasanya menggunakan sepatu baru padahal ini salah. Kenapa? Karena kaki anda masih belum terbiasa dengan sepatu baru apalagi jika dipaksakan memakai sepatu baru bisa menimbulkan luka-luka saat pendakian. Perlu diingat kalau medan di gunung itu sangat berat dan usahakan untuk memakai sepatu yang biasa anda pakai.

Kurang berolahraga
Salah satu hal penting dalam mendaki gunung adalah persiapan fisik. Anda harus membiasakan kaki anda untuk berjalan kaki dalam waktu lama setiap harinya dan juga hal ini bisa menambah stamina. Kurang berolahraga biasanya membuat anda tidak akan bertahan dalam waktu lama ketika mendaki gunung. Sebelum melakukan pendakian diusahakan untuk berolahraga secara rutin setiap hari agar stamina anda cukup untuk mendaki gunung.

Membuang sampah sembarangan
Pendaki pemula biasanya melakukan kesalahan paling umum yaitu membuang sampah sembarangan. Ini sudah menjadi peraturan yang tidak tertulis jika pendaki harus membawa sampah yang dimilikinya. Banyak pendaki pemula yang tidak mempedulikan peraturan tersebut dan mengotori gunung dengan membuang sampah sembarangan padahal hal ini bisa merusak ekosistem hutan.

Baca juga

0 Response to "6 Kesalahan yang biasa dilakukan oleh pendaki pemula"

Posting Komentar