6 Kota paling terpencil yang ditempati manusia

Tidak semua kota itu berdekatan dengan kota lainnya ataupun memiliki lokasi yang menguntungkan untuk ditinggali oleh manusia. Bahkan ada beberapa kota yang jauh dari peradaban sehingga sulit dijangkau karena jarak dan lokasinya terpencil dari kota terdekat. Dilansir dari Mental Foss, berikut ini adalah 6 kota paling terpencil yang ditempati manusia.

1. Edinburgh, Tristan da Cunha
Di skotlandia ada kota yang bernama Edinburgh tapi bukan kota ini yang dimaksud melainkan kota edinburgh yang memiliki nama sama dan letaknya berada di  wilayah kepulauan Atlantik bernama Tristan da Cunha. Untuk mencapai kota ini dari kota terdekat saja jaraknya bisa mencapai dua ribu kilometer dan waktu tempuh perjalanannya sekitar enam hari lewat perjalanan laut mulai dari afrika selatan. Tempat ini tidak bisa diakses melalui jalur udara karena disana tidak ada bandara sehingga hanya jalur lautnya yang tersedia. Di tempat ini jumlah penduduknya sekitar 300 orang yang berada disini.

2. Whittier, Alaska
Kota Whittier merupakan kota terpencil kedua di dunia yang bisa diakses hanya dari satu jalan saja. Bila ingin mengunjungi kota ini anda harus melewati terowongan menembus gunung yang panjangnya mencapai tiga kilometer. Apalagi terowongan satu-satunya tersebut hanya dibuka pada siang hari saja dan malam harinya ditutup. Penduduk di kota ini berjumlah sekitar 200 orang. Sebagian besar penduduk disini tinggal di bangunan berlantai 14. Selain itu disini juga ada gereja, kantor pos dan toko kelontong yang ada di kota tersebut.

3. Villa Las Estrellas, Antartika
Salah satu kota terpencil yang terletak di wilayah selatan bumi adalah Villa Las Estrellas. Lokasi kota ini  tepatnya berada di Antartika. Jumlah penduduk yang tinggal disini hanya 100 orang dan ketika musim dingin tiba jumlahnya akan bertambah sedikit. Dalam kota ini juga terdapat pelayanan umum seperti kantor pos, gereja, pusat kebugaran dan toko kelontong yang bisa diakses oleh para wisatawan. Di kota terpencil ini ternyata sudah ada jaringan internet tapi hanya bisa digunakan oleh tiga komputer yang berada di sekolah

4. Coober Pedy, Australia
Di Australia terdapat sebuah kota bawah tanah yang terkenal di dunia yang bernama Coober Pedy. Dulu kota ini merupakan bekas sebuah tambang batu opal yang digali sejak 100 tahun lalu. Meskipun kota ini berada di bawah tanah ternyata jumlah penduduk yang tinggal disini mencapai 2000 orang bahkan terdapat berbagai fasilitas umum seperti perpustakaan, bar, galeri seni dan tiga gereja. Kota ini sering mendapatkan kunjungan para wisatawan lokal maupun mancanegara setiap tahunnya.

5. Longyearbyen, Norwegia
Salah satu kota yang paling dekat dengan kutub utara adalah longyearbyen yang terletak di norwegia. Bahkan menurut peta kota ini paling dekat dengan kutub utara dibandingkan dengan kota oslo yang merupakan ibukota norwegia. Meskipun kota ini cukup terpencil tapi jumlah penduduk yang tinggal disini mencapai 3000 orang dan sepertiganya adalah pendatang. Kota ini menjadi tempat favorit untuk ditinggali meskipun terpencil karena tingkat kejahatan disini sangat rendah.


6. Siwa, Mesir
Salah satu kota yang letaknya di oasis, gurun sahara adalah siwa. Kota siwa dikelilingi oleh ratusan kilometer gurun pasir sahara sejauh mata memandang sehingga menjadikan kota ini tempat terpencil di dunia. Untuk mencapai kota ini para wisatawan harus memakai mobil sewaan atau bus dari kairo. Karena tempat ini tidak bisa terjangkau oleh sinyal telepon seluler sehingga menjadikan gaya hidup masyarakat di kota ini tidak pernah berubah sejak lama.

Baca juga

0 Response to "6 Kota paling terpencil yang ditempati manusia"

Posting Komentar