Charles Perrault adalah sang bapak dari dongeng anak

Sewaktu anda masih kecil dongeng atau cerita apa saja yang pernah anda baca atau dengar? Apakah kisah-kisah lokal seperti timun emas ataukah lebih suka cerita barat seperti putri tidur dan cinderella? Apa kalian semua tahu bahwa cerita putri tidur dan cinderella ternyata karangan dari seorang pria bernama Charles Perrault yang berasal dari negara Prancis.

Charles Perrault lahir pada tahun 1628 di kota paris. Sebelum menjadi penulis cerita untuk anak-anak Charles berprofesi sebagai pengacara bahkan sempat menjadi penasihat dalam pengadilan yang melibatkan bangsawan  Louis XIV. Setelah berhenti menjadi seorang pengacara baru dia mulai menulis dongeng untuk anak-anak. Dari semua buku yang dia tulis ada satu judul yang paling dikenal di Paris yaitu  Les Contes de ma Mere l'Oye atau cerita mengenai ibu angsa baru muncul pada 1697.

Charles Perrault merupakan salah satu penulis dongeng paling terkenal di masa itu bahkan dialah orang yang pertama kali dalam menulis dongeng sebelum kemunculan cerita dongeng dari Grimm bersaudara.

Kisah-kisah yang dibuat oleh Charles memang selalu memberikan pesan moral yang dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat dan bisa dijadikan pelajaran bagi yang membacanya. Salah satu pesan moral cerita paling sering muncul dicerita yang dibuat charles adalah tokoh protagonis mengajak kita untuk selalu berbuat kebaikan dimanapun kita berada.

Charles Perrault menulis banyak cerita dongeng dan yang paling terkenal di dunia diantaranya adalah putri tidur, cinderella, dan gadis bertudung merah. Dongeng-dongeng ciptaan Charles Perrault mulai dikenal di dunia sejak Robert Samber mulai menerjemahkan semua karyanya dalam tulisan bahasa inggris sekitar tahun 1729. Hingga kini cerita buatan Perrault ini masih bertahan sampai sekarang bahkan menjadi favorit bagi anak-anak. Bahkan dongeng-dongeng tersebut sudah dibuat menjadi film animasi sampai nyata.

Baca juga

0 Response to "Charles Perrault adalah sang bapak dari dongeng anak"

Posting Komentar