China resmi membuka air terjun buatan terbesar di Asia

China merupakan salah satu negara kompetitif di dunia sehingga tidak mau kalah dari negara lain dalam hal teknologi, pariwisata bahkan dalam seni arsitektur. Beberapa waktu lalu china akhirnya berhasil membangun patung mao zedong  dengan harga fantastis yakni 6,4 miliar. Nah, sekarang china baru saja meresmikan air terjun buatan terbesar di seluruh asia.

Menurut laporan Amusing Planet bahwa air terjun buatan manusia ini dibangun di Kunming, Provinsi Yunnan, China. Air terjun buatan tersebut memiliki lebar 400 meter dan tinggi 12,5 meter.

Proyek nasional ini ternyata membutuhkan waktu yang agak lama penyelesainnya sekitar dua tahun. Pemerintah China menghabiskan biaya yang cukup besar untuk membangun air terjun buatan ini dan total biayanya adalah 1,1 miliar yuan atau sekitar 2.3 milyar rupiah.

Sebenarnya air terjun buatan ini merupakan bagian dari proyek yang dirancang untuk mengalihkan air dari Sungai Niulan ke Danau Dianchi. Danau Dianci merupakan salah satu danau air tawar yang terbesar di Yunnan



Ternyata air terjun buatan ini bukan untuk sekedar gaya-gayaan. Tujuan pembuatan air terjun ini agar bisa membantu menanggulangi banjir di Sungai Niulan dan berfungsi sebagai pasokan air untuk masyarakat di sekitarnya dalam kondisi darurat.

Di sekitar air terjun buatan tersebut dibangun sebuah taman bagi para pengunjung yang melihat kemegahan dari air terjun buatan tersebut. Tempat ini juga dijadikan sebagai salah satu tempat rekreasi di wilayah Kunming, Provinsi Yunnan, China.

Baca juga

0 Response to "China resmi membuka air terjun buatan terbesar di Asia"

Posting Komentar