Doyan makan yang asin-asin? Ini efek buruknya bagi tubuhmu

Rasa masakan sudah ada penggemarnya masing-masing. Ada orang yang suka makanan manis dan ada juga orang yang suka makanan asin. Makanan asin disukai karena saat memasuki mulut terasa gurih. Namun, perlu diketahui bahwa makanan asin atau tinggi akan garam bisa membahayakan kesehatan tubuh seseorang. Nah, berikut ini adalah efek buruk yang diperoleh dari mengonsumsi makanan asin.

Penyebab kanker perut
Garam kaya akan kandungan nitrat. Bila suatu makanan mengandung terlalu banyak garam dan dikonsumsi maka bisa mengintasi lapisan lambung kamu serta mengakibatkan sakit maag bahkan lebih buruk lagi bisa menyebabkan kanker perut.

Merusak ginjal
Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi akan garam bisa mempengaruhi kinerja ginjal. Ginjal akan bekerja lebih keras bila menyaring garam. Kemudian garam juga bisa melemahkan pembuluh darah di ginjal sehingga jangka panjangnya bisa menyebabkan sakit ginjal atau gagal ginjal.

Menurunkan kinerja otak
Sebuah penelitian baru menemukan bahwa terlalu banyak garam dalam tubuh bisa mempengaruhi kinerja otak dan kemampuan kognitif serta jangka panjangnya bisa mengkibatkan terkena penyakit demensia.

Memperburuk gula darah
Selain makanan manis, penderita diabetes juga mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam. Sebab kadar gula dalam tubuh penderita diabetes bisa berubah secara drastis bila mengonsumsi terlalu banyak garam.

Melemahkan kekuatan tulang
Banyak orang yang tidak percaya bahwa garam bisa melemahkan kepadatan tulang sehingga mengakibatkan terkena osteoporosis.

Meningkatkan tekanan darah
Tekanan darah kamu akan meningkat tajam bila terlalu banyak makan garam. Dikarenakan tubuh akan memerlukan banyak air untuk mencerna garam. Kemudian volume darah akan terpengaruh dan menyebabkan meningkatkan tekanan darah.

Penyebab stroke
Bila tekanan darah meningkat pesat maka secara otomatis penyakit stroke dan penyakit kardiovaskular akan mendatangi anda.

Menyebabkan obesitas
Selain menyebabkan masalah kesehatan lainnya, kelebihan garam juga bisa membuat tubuh menjadi lebih gemuk. Penyebabkan karena garam bisa membuat retensi cairan dalamt tubuh.

Baca juga

0 Response to "Doyan makan yang asin-asin? Ini efek buruknya bagi tubuhmu"

Posting Komentar