Google merayakan ultah ke-103 Amrita Sher-Gil, Siapa dia?

Di laman utama melalui Doodle hari ini pada tanggal 30 Januari 2016, Google tengah merayakan ulang tahun Amrita Sher-Gil ke 103. Nah, siapa sebenarnya Amrita ini?

Masyarakat indonesia pastinya tidak mengenal nama Amrita Sher-Gil tapi di Eropa dan India nama Amrita sudah dikenal banyak orang lewat lukisannya yang legendaris atau melegend. Oleh karena itu salah satu anggota tim Doodle bernama Jennifer Hom memajang doodle yang terinspirasi dari salah satu lukisan Amrita terkenal dan legendaris yaitu tiga gadis atau Three Girls.

Amrita dulunya lahir dari keluarga yang cukup terpandang di masa itu. Ayahnya adalah seorang tuan tanah yang disegani sementara ibunya berasal dari Hungaria. Salah satu hal menarik dari Amrita adalah kelahirannya di Budapest, Hungaria dan bukan di India. Ibunya yang menyadari bakat Amrita dalam melukis lalu membawanya ke Italia pada tahun 1924.

Disana dia benar-benar belajar seni melukis yang sesungguhnya dan bergabung dengan Ecole des Beaux Arts di Paris. Sejak tahun 1929 di tempat inilah dia selalu menekuni seni melukis. Amrita lebih banyak menghabiskan waktu dalam belajar jenis seni lukis bohemian dan karya yang dibuatnya memperlihatkan nilai khas dari Eropa.

Tahun 1930-an Amrita kembali ke India dan menghasilkan banyak sekali lukisan yang luar biasa serta memuat nilai-nilai budaya India. Sejak tinggal di india banyak orang yang menganggap karya Amrita mengalami perubahan gaya atau style dibandingkan karya yang dihasilkan di paris.

Village Scene merupakan salah karya dari Amrita yang dikagumi banyak seniman. Lukisan yang dibuat oleh Amrita kebanyakan terkenal akan tampilannya sedihnya dan penuh dengan gambaran wanita yang hidup di masa itu.

Sayangnya Amrita meninggal di usia yang amat muda yakni 28 tahun karena sebab yang tidak jelas. Menurut info yang ada bahwa Amrita tiba-tiba sakit keras dan penyakitnya tidak diketahui oleh para dokter saat tinggal di Lohare. Penyakit misterius ini membuat Amrita koma beberapa lama dan akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya.

Baca juga

0 Response to "Google merayakan ultah ke-103 Amrita Sher-Gil, Siapa dia?"

Posting Komentar