Ini alasan jendela pesawat harus terbuka saat take-off

Bagi anda yang suka atau pernah melakukan perjalanan lewat jalur udara dengan naik pesawat terbang, pasti pernah ditegur oleh pramugari karena menutup jendela pesawat. Pesawat akan lepas landas atau mendarat ketika anda mendapatkan teguran dari pramugari. Ternyata, larangan tersebut memiliki arti yang tidak diketahui oleh kebanyakan penumpang bahkan hanya sedikit penumpang yang tahu.

Setidaknya dilansir dari situs aviationgossip.com bahwa ada empat larangan kenapa para penumpang wajib untuk membuka penutup jendela. Alasannya berhubungan dengan keselamatan para penumpang dan mengantisipasi bila ada keadaan darurat yang mendesak. Berikut ini alasan jendela pesawat harus terbuka saat take-off.

1. Para penumpang yang pertama kali naik pesawat biasanya memiliki rasa ingin tahu yang besar akan keadaan kondisi pesawat di dalam dan di luar pesawat sehingga bisa saja terjadi sesuatu di luar dugaan. Bila hal tersebut terjadi dan dianggap membahayakan keselamatannya maka penumpang lainnya boleh melaporkannya pada kru pesawat

2. Setiap detik terasa berarti ketika sedang menghadapi situasi darurat. Jendela yang terbuka bisa membuat para kru pesawat untuk memantau keadaaan di luar pesawat yang bisa membuat mereka untuk membuat rencana evakuasi seperti pintu darurat pesawat.

3. Para penumpang bisa bersiap diri bila menghadapi keadaan darurat entah itu pesawat sudah lepas landas atau mendarat. Jendela yang terbuka ketika keadaan terang dan lampu dinyalakan saat di dalam kabin membuat mata fokus ke arah cahaya sehingga bila terjadi sesuatu yang darurat, penumpang akan segera di evakuasi. Pandangan akan kabur bila pencahayaan mengalami perubahan. Hal ini juga sama pada malam hari ketika jendela terbuka maka membuat cahaya menjadi redup.

4. Para penyelamat bisa melihat situasi dalam kabin bila jendela pesawat terbuka.

Itulah keempat alasan kenapa jendela pesawat harus dibuka ketika sedang lepas landas maupun mendarat. Oleh sebab itu selalu patuhi peraturan ketika sedang naik pesawat terbang.

Baca juga

0 Response to "Ini alasan jendela pesawat harus terbuka saat take-off"

Posting Komentar