Ini alasan kenapa makanan terasa lebih enak jika dimasak sendiri

Komentar apa saja yang diterima ketika orang lain mencicipi masakan anda? Apakah rasanya tidak enak, kurang gurih, terlalu banyak garam dan komentar lain sebagainya. Namun, ketika dicicipi sendiri kok rasanya sudah pas dan memuaskan, mengapa hal ini terjadi?

Berdasarkan hasil sebuah penelitian yang tercatat di jurnal psikologi mengenai apakah makanan yang disiapkan diri sendiri menimbulkan rasa puas tersendiri dan rasanya lebih lezat ketika menikmati makanan yang dibuat sendiri.

Dalam penelitian ini melibatkan partisipan sebanyak 120 wanita yang diminta oleh para peneliti untuk membuat raspberry smoothie rendah kalori sampai jadi lalu semua partisipan wanita tadi juga mendapatkan sebuah rapberry smothie buatan orang lain yang sudah jadi. Berdasarkan percobaan sederhana tadi ternyata partisipan cenderung lebih menikmati raspberry smoothie buatan sendiri daripada buatan orang lain meskipun resep dan cara membuatnya sama.

Akan tetapi ketika mengonsumsi makanan yang tidak menyehatkan penilaian tentang rasa pada partisipan jadi berubah. Pada makanan dan minuman yang tidak sehat, partisipan menganggap membeli makanan jenis ini malah lebih enak. Hal ini karena makanan yang dibuat sendiri mengandung nilai gizi yang mereka butuhkan lalu makanan yang dibeli oleh partisipan yang sama sekali tidak mengandung nilai gizi tapi mereka juga menikmatinya.

Namun, penelitian mengungkapkan saat mempersiapkan makanan sendiri seseorang lebih memilih makanan sehat dibandingkan saat membelinya. Rasa makanan yang dibuatpun akan mendapatkan respon positif pada lidah mereka karena telah bersungguh-sungguh dalam membuatnya. Jadi jika anda ingin makanan lebih enak dan terasa nikmat maka cobalah untuk membuatnya sendiri mulai dari sekarang.

Baca juga

0 Response to "Ini alasan kenapa makanan terasa lebih enak jika dimasak sendiri"

Posting Komentar