Ini hard disk berkapasitas 13 Terabyte paling besar di dunia

Seiring perkembangan jaman bentuk harddisk selalu mengalami perubahan seperti halnya dengan teknologi lainnya. Harddisk saat ini ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan yang dulu dan kemampuannya mengolah data lebih canggih yang sekarang. Selain itu harddisk dibedakan menjadi beberapa macam kategori misalnya hard disk biasa, hard disk solid state (SSD), atau hard disk solid state hibrida (SSHD).

Bila anda suka dengan harddisk yang memiliki ketebalan yang tipis dan canggih maka ada sebuah hard disk solid state (SSD) dari Fixstars yang diklaim memiliki kapasitas terbesar di dunia sebesar 16 TB. Ukuran harddisk ini hanya 6,35 cm dan SSD tersebut bisa masuk secara leluasa ke dalam komputer atau laptop anda.

Proses data dari Harddisk ini sangat luar biasa cepatnya karena mampu membaca data hingga kecepatan 540 MB per detik bahkan proses penyalinan data bisa mencapai 520 mb per detik. Kelebihan lain dari harddisk ini adalah memiliki sistem kontrol suhu yang berfungsi untuk mengatasi panas yang timbul agar tidak sampai merusak harddisk tersebut.


Namun, jika ukuran penyimpanan data sebesar 13 TB terlalu besar maka anda tidak usah khawatir karena Fixstars sudah menyediakan ukuran yang lebih kecil yakni 10 TB di awal tahun 2016. Tahun lalu perusahaan tersebut juga memecahkan rekor menciptakan harddisk dengan kapasitas mencapai 6 TB tapi rekor tersebut dikalahkan dengan harddisk buatan mereka sendiri.

Kalau mambahas masalah harga, tentu saja harga Harddisk ini cukup mahal karena dibanderol dengan harga 13.000 dollar atau sekitar 180 juta rupiah. Kemungkinan tujuan dibuat harddisk berkapasitas paling besar dan harganya yang sangat mahal ini untuk perusahaan besar yang ingin menyimpan data dalam jumlah besar.

Baca juga

0 Response to "Ini hard disk berkapasitas 13 Terabyte paling besar di dunia"

Posting Komentar