Kawah Wurung, negeri para Hobbit yang ada di balik pegunungan Ijen

Di sebuah kawasan pengunung di daerah bondowoso yang dekat dengan Kawah Ijen Banyuwangi terdapat keindahan alam tersembunyi yang menakjubkan. Tempat ini bernama Kawah Wurung yang merupakan tanah vulkanik mati. Pemandangan alam yang ada di kawah wurung sangat mirip dengan tempat tinggal para hobbit yang berhiaskan rerumputan hijau sejauh mata memandang. Memang kawah wurung sangat mirip dengan bukit Teletubbies yang berada di Bromo tapi disini pemandangannya jauh lebih indah.

Akses menuju kawah wurung sangat mudah dicapai. Jika anda punya anggaran lebih maka bisa menempuh jalur udara dengan tujuan Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Blimbingsari Banyuwangi. Harga tiket pulang pergi bila naik maskapai lion dan Wings air sekitar Rp. 1,9 jutaan.

Setelah sampai di banyuwangi perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan mobil pribadi atau sewaan. Disini tidak ada angkutan umum yang menuju daerah Ijen. Jarak tempuh dari kota ke kawah ijen banyuwangi sekitar 7 km dan memakan waktu satu setengah jam perjalanan.



Sepanjang perjalanan para wisatawan bisa menikmati keindahan pohon pinus, lalu disusul dengan deretan pegunungan hingga nantinya melewati perkampungan penduduk. Memang agak memakan waktu lama untuk mencapai daerah ijen tapi itu semua terbayarkan dengan panorama alam di sekitar anda.

Setelah sampai di lokasi para wisatawan bisa memilih untuk memarkir mobilnya di kaki perbukitan untuk melakukan pendakian atau langsung menuju ke atas kawah lewat jalur kiri. Bila anda memutuskan untuk jalan kaki maka bisa menyaksikan pemandangan bukit dan pegunungan yang indah apalagi jalur pendakian tidak terlalu terjal. Untuk sampai ke atas bukit hanya butuh waktu 15 menit. Dari atas sini kamu sudah bisa melihat kawah wurung yang menakjubkan.

Setelah puas menikmati negeri para hobiit dari atas bukit waktunya untuk turun melalui tanjakan sepanjang 100 meter untuk mencapai padang savana yang luas. Di bawah sini kamu bisa melihat pemandangan perbukitan yang mengelilingi daerah tersebut dan tanjakan tadi sangat mirip dengan tanjakan cinta yang ada di ranukumbolo gunung semeru.

Selain savana yang luas, disini juga ada beberapa fauna seperti kijang dan sapi yang berkeliaran bebas di padang rumput ini bisa anda ajak bermain. Setelah puas bermain dengan fauna disini, kembali lagi naik ke atas pada waktu sore hari untuk melihat sunset yang begitu indah.

Baca juga

0 Response to "Kawah Wurung, negeri para Hobbit yang ada di balik pegunungan Ijen"

Posting Komentar