King Kong Ternyata pernah tinggal di sekitar Indonesia

Primata raksasa atau dikenal dengan sebutan populer yaitu king kong ternyata pernah ada di dunia kita terutama indonesia. Menurut para ahli sejarah king kong telah punah sejak 100 ribu tahun yang lalu akibat tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Semua spesies king kong musnah disebabkan sumber makanannya hilang seperti buah-buahan selepas zaman es berakhir.

King kong atau primata raksasa ini memiliki nama latin disebut Gigantopithecus. Tempat tinggal primata raksasa ini berada di kawasan hutan semi-tropis selatan China hingga Asia Tenggara.

Keberadaan Gigantopithecus bisa dibuktikan kebenarannya melalui fosil rahang bawah dan empat gigi yang ditemukan di wilayah china. Berdasarkan dari segi tubuh para arkeologi menyimpulkan jika badan besar gorila tersebut mirip dengan gorila punggung perak yang hidup di Afrika.

Peneliti Universitas Tubingen, Jerman, yang bernama Herve Bocheres mengungkapkan temuannya mengenai Gigantopithecus kepada publik. Herve menyatakan jika dari temuannya sekarang memang kita tidak bisa memastikan gambaran utuh bentuk primata tersebut tapi kita bisa membayangkan ukuran primata yang hidup 100 ribu tahun yang lalu tersebut.


Paleontolog juga menduga kalau Gigantopithecus ini masih punya kekerabatan dengan orang utan yang hidup di pulau sumatera dan kalimantan. Namun, para pakar prasejarah masih belum mengetahui apakah primata raksasa ini memakan buah-buahan atau hewan seperti serigala.

Fosil Gigantopithecus ini sudah dipamerkan di Hong kong sejak tahun 1930. Namun, banyak penggemar barang antik yang menganggap fosil ini adalah taring naga bukannya primata. Tim herve berhasil membuat sketsa yang berdasarkan dari fosil yang ditemukan. Berdasarkan sketsa tersebut menyimpulkan kalau tinggi gorila tersebut adalah tiga meter dan ukuran badannya lima kali lipat dibandingkan pria dewasa.

King kong punah di masa Pleistosen yang mana di masa tersebut semua permukaan bumi membeku dan primata raksasa tersebut kesulitan mendapatkan makanan. Ketika memasuki zaman es semua wilayah tempat tinggal gorila tersebut berubah menjadi padang sabana. Menurut pakar prasejarah jika primata tersebut memerlukan banyak makanan sehingga akhirnya mereka punah.

Baca juga

0 Response to "King Kong Ternyata pernah tinggal di sekitar Indonesia"

Posting Komentar