Kulit belang terbakar matahari? Pulihkan dengan 5 cara sederhana

Terpapar sinar matahari berlebihan sehingga kulit menjadi belang sekarang sudah tidak usah khawatir karena ada cara mudah untuk mengembalikan sedia kala. Perubahan warna kulit yang disebabkan sinar ultraviolet tidak akan membuat kerusakan permanen sehingga ada cara untuk memulihkannya. Berikut ini cara efektif dan mudah untuk mengembalikan kulit belang.

Konsumsi obat anti inflamasi dalam waktu 24 jam
Ahli bedah dan dermatologi bernama Ellen Marmur, M.D menyarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan anti inflamasi seperti aspirin dan ibuprofen dengan segera setelah kulit terbakar sinar matahari. Obat anti inflamasi tersebut mampu menghentikan perubahan warna kulit dan kerusakan kulit lebih jauh lagi. Dalam jangka waktu 24 jam setelah kulit terbakar disarankan langsung minum obat aspirin dan ibuprofen agar kerusakan permanen bisa dihindari.

Aplikasikan masker pendingin dan pencerah wajah
Masker yang memiliki kandungan bahan pencerah kulit dan penyejuk dapat membantu memulihkan kondisi kulit belang dari luar. Sebaiknya untuk memilih masker yang mengandung penyegar alami atau astringent dan ramah pada kulit wajah yang sensitif.

Masker alami yang dapat dipilih adalah lemon, pepaya dan yogurt. Bahan alami tersebut mampu mencerahkan kulit wajah secara alami karena memiliki kandungan vitamin dan mineral.

Oleskan lulur pencerah
Bagian tubuh seperti leher, tangan dan kaki juga tidak luput dari paparan sinar matahari dan mengalami pigmentasi. Karena itu cara untuk memulihkan kondisi tersebut dengan cara menggunakan lulur pencerah alami. Disarankan untuk memilih pepaya, tomat dan kentang karena bisa menyamarkan kulit gelap dan mengandung vitamin pencerah di dalamnya. Cara bikin lulur dari makanan tersebut sangat mudah sekali karena cukup tumbuk atau blender salah satu bahan tadi dan oleskan pada kulit belang lalu tunggu selama 30 menit dan bilas sampai bersih. Lakukan cara ini secara rutin sampai kulit kembali ke kondisi semula.

Eksfoliasi setelah sunburn sembuh
Eksfoliasi atau disebut pengelupasan sel kulit mati bisa membantu regenerasi serta menggantikan kulit gelap akibat sinar matahari dengan kulit baru yang sehat dan cerah. Setelah bengkak dan perih pada kulit sembuh maka lakukah scrubbing dengan scrub alami seperti bubuk kopi dan oatmeal.

Makanan sumber vitamin
Makanan yang kaya akan vitamin A, C dan E mampu membantu kulit lebih cepat pulih dari pigmentasi yang diakibatkan sinar matahari. Selain bisa mengembalikan kondisi kulit sediakala, kulit juga menjadi lebih cerah dan bercahaya dari dalam. Makanan yang kaya sumber vitamin bisa didapatkan melalui sayuran berwarna merah, kuning dan hijau.

Baca juga

0 Response to "Kulit belang terbakar matahari? Pulihkan dengan 5 cara sederhana"

Posting Komentar