Mahasiswa di Finlandia membuat jembatan es berdasar desain Da vinci

Salah satu seniman terbesar di dunia yang diketahui oleh orang banyak adalah Leonardo Da Vinci. Keterampilan Da Vinci dalam dunia seni memang sudah tidak diragukan lagi. Namun, ternyata Da Vinci juga memiliki beberapa keahlian lain yang tidak boleh dianggap remeh misalnya dalam bidang fisika, biologi, arsitektur dan masih banyak keahlian lainnya yang dimilikinya. Nah, beberapa siswa dari Eindhoven University of Technology di Finlandia mencoba membuat jembatan yang berdasarkan dari konsep Da Vinci.

Menurut History melaporkan bahwa berdasarkan sejarahnya Da Vinci membuat jembatan atas permintaan dari sultan Turki pada tahun 1502. Jembatan yang akan dibuat Da Vinci nantinya akan menghubungkan selat Bosporus dan panjangnya mencapai 240 meter. Namun, sayangnya desain yang dibuat oleh Da vinci tersebut akhirnya ditolak oleh Sang Sultan.

Desain jembatan buatan Da Vinci masih disimpan sampai sekarang dan digunakan sebagai pengetahuan umum saja. Nah, beberapa mahasiswa ini akhirnya tertarik dengan desain jembatan buatan Da Vinci tersebut dan ingin mewujudkan secara nyata di kota yang bernama Juuka di Finlandia. Tetapi ada satu hal yang berbeda dari desain Da Vinci yakni bahan pembuatan untuk jembatan tersebut tidak menggunakan batu melainkan es.


Rencananya jembatan es di kota Juuka akan memiliki panjang 65 meter dan lebar 5 meter. Berdasarkan dari ukurannya jembatan ini nantinya akan menjadi jembatan es paling panjang yang dibuat oleh manusia. Agar jembatan es ini kuat dan tahan lama nanti bahan dasar esnya akan diberi dengan campuran fiber.

Kalau tidak ada halangan jembatan es da vinci ini akan selesai dalam waktu tujuh minggu. Kendala untuk membangun jembatan tersebut adalah harus berpacu dengan waktu karena suhu udara akan semakin hangat ketika dekat dengan musim semi. Diperkirakan jembatan es ini akan selesai pada tanggal 13 februari mendatang.

Baca juga

0 Response to "Mahasiswa di Finlandia membuat jembatan es berdasar desain Da vinci"

Posting Komentar