Manfaat spirulina, makanan super yang berasal dari laut

Apa anda mengenal spirulina? Spirulina adalah mikroalga yang memiliki manfaat sehat dan nilai gizi yang sangat tinggi. Spirulina merupakan sejenis ganggang hijau atau biru yang banyak tumbuh di area lautan atau tumbuh subur di danau asin pada iklim subtropis.

Spirulina pernah dikategorikan sebagai tanaman karena bisa melakukan fotosintesis dan kaya akan pigmen tumbuhan. Namun, setelah penelitian lebih lanjut para ahli menyimpulkan kalau spirulina merupakan golongan bakteri dalam genus spirulina.

Sebenarnya jenis spesies spirulina ini sangat beragam dan tidak sedikit tapi para ilmuwan hanya mempelajari tiga spesies saja karena memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Tiga spesies tersebut ialah  spirulina fusiformis, spirulina platensis, dan spirulina maxima.

Dilansir dari livescience bahwa spirulina tumbuh dalam spiral mikroskopis yang artinya hidup secara bersama-sama dengan jenisnya sehingga cukup mudah untuk dipanen. Spirulina sendiri sudah diperkenalkan dalam dunia pengobatan terutama yang berhubungan dengan metabolisme tubuh dan penyakit jantung.

Selain kesehatan jantung, spirulina juga diperkenalkan sebagai obat diabetes, bisa menurunkan berat badan, dan mengatasi kolesterol tinggi. Ada juga yang merekomendasikan spirulina sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan mental mulai dari stres, depresi, cemas dan attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD). Menurut National Institutes of Health yang berada di Amerika Serikat ini bahwa spirulina ini bisa membantu  gejala pramenstruasi, dan amyotrophic lateral sclerosis.

Baca juga

0 Response to "Manfaat spirulina, makanan super yang berasal dari laut"

Posting Komentar