Memancing sepeda pada kanal-kanal di Amsterdam Belanda

Salah satu kota dengan tingkat kepadatan sepeda paling tinggi di dunia bisa ditemukan di Amsterdam, Belanda. Di kota tersebut terdapat setidaknya 800 ribu sampai satu juta sepeda yang bisa ditemukan disana. Sekitar 40 - 60 persen warga kota ini memakai sepeda sebagai sarana transportasi utama dalam kehidupan sehari-hari. Selain terkenal akan sepedanya, kota amsterdam juga terkenal akan banyaknya kanal-kanal atau jalur air yang dipakai di kota tersebut.

Total keseluruhan kanal yang dimiliki oleh kota Amsterdam berjumlah 165 kanal dengan panjang semuanya mencapai 100 km. Kombinasi antara sepeda dan kanal akhirnya menghasilkan hal yang unik karena tidak sedikit sepeda yang tercebur di kanal tersebut.

Setidaknya ada lebih dari 15 ribu sepeda yang tenggelam tiap tahun di kanal tersebut. Karena alasan itulah banyak bermunculan profesi unik yakni pemancing atau pembersih sepeda di kanal tersebut.

Untuk menjaga kebersihan kanal tersebut salah satu perusahaan menggunakan sebuat alat khusus untuk menarik sepeda yang tenggelam dari dalam kanal. Alat ini mirip dengan kapal sampah kecil tapi memiliki sebuah cakar untuk mengambil sepeda dari dalam air.


Perusahaan yang bernama Waternet dan berdiri sejak tahun 1960 ini ternyata yang melakukan pekerjaan ini. Jadi selama beberapa dekade mereka terus mengeluarkan sepeda dari dasar kanal.

Ternyata berdasarkan dari penyelidikan yang dilakukan, sepeda yang tenggelam di kanal tersebut memang sengaja dibuang oleh pemiliknya. Kebiasaan membuang sepeda di kanal merupakan kebiasaan lama yang harus dihilangkan karena dulu kanal-kanal di kota Amsterdam dibuat sebagai selokan untuk membuang sampah.

Lalu kemanakah sepeda bekas yang diambil dari dalam air? Setelah sepeda bekas tersebut terkumpul maka semuanya akan dilebur secara bersama-sama. Selain sepeda, ternyata banyak juga kulkas dan mobil bekas yang ditemukan di dalam kanal. Kegiatan memancing sepeda ini memang hal biasa disana tapi bagi wisatawan yang berkunjung ke Amsterdam menganggap hal ini menjadi sebuah tontonan yang menarik untuk dilihat.

Baca juga

1 Response to "Memancing sepeda pada kanal-kanal di Amsterdam Belanda"

  1. Jika ingin mengurangi sampah yang menggangu lingkungan, sebaiknya gunakanlah packaging makanan yang ramah lingkungan. Lebih lengkap tentang packaging makanan ramah lingkungan bisa lihat di sini http://www.greenpack.co.id/

    BalasHapus