Mengemudi adalah cara menjaga tubuh tetap bugar di usia tua

Apa anda bisa mengemudikan kendaraan? Penelitian kali ini mengenai kesehatan di usia tua yang berhubungan dengan aktivitas mengemudi seseorang. Memang tidak bisa disangkal lagi kalau bertambahnya usia diikuti pula dengan penurunan fungsi fisik dan kognitif. Jadi tidak usah heran kalau banyak orang yang berhenti mengemudikan kendaraannya sendiri setelah mencapai usia lanjut.

Namun berbeda dengan pendapat yang dikemukakan oleh para peneliti dari Columbia Universitys Mailman School of Public Health. Mereka menunjukkan bahwa kesehatan orang tua akan mengalami penurunan bila mereka berhenti mengemudi.

Dilansir dari Dailymail.co.uk bahwa orang yang berusia lanjut harus melakukan kegiatan sehari-hari  yang menjadi indikator kekuatan dan kontrol diri, serta kebebasan pribadi dan kemandirian, ujar Guohua Li. Guohua Li sendiri adalah seorang profesor dan pendiri dari The Center for Injury Epidemiology and Prevention.

Penelitian ini juga menggunakan data dari 16 studi yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu. Para peneliti juga menganalisis data kesehatan kuantitatif para pengemudi yang berusia di atas 54 tahun.

Hasil dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa orang berusia lanjut yang berhenti mengemudikan kendaraannya akan cenderung mengalami penurunan kesehatan fisik dan fungsi kognitif lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tetap mengemudi di usia tua. Selain itu penelitian ini juga menemukan bahwa dengan berhentinya mengemudi kendaraan maka mereka akan terlepas dari teman, keluarga dan lingkungan sosialnya.

Baca juga

0 Response to "Mengemudi adalah cara menjaga tubuh tetap bugar di usia tua"

Posting Komentar