Menjaga cita rasa, ini metode seduh kopi secara manual

Cita rasa adalah hal yang paling diutamakan bagi para pecinta kopi. Dalam menentukan kualitas kopi yang paling penting adalah cara pengolahan hingga penyajian. Namun, membuat kopi dengan cita rasa yang tinggi ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

Seorang pengamat gaya hidup bernama sony muchlison mengungkapkan bahwa indonesia sangat terkenal dalam pengolahan biji kopi karena memiliki beragam metode yang bisa dimanfaatkan apalagi seluruh dunia sudah mengakuinya.

Di Jawa, kopi dihidangkan bersama dengan arang. Sedangkan di medan, kopi ditambah jahe, kapulaga dan berbagai macam rempah-rempah. Ada juga yang menambahkan jagung ketika dilakukan penggilingan kopi dan biji menjadi bubuk.

Irvan Septiawan yang merupakan seorang barista menyatakan kalau metode seduh kopi sudah tidak asing lagi bagi penikmat kopi di tanah air. Metode seduh kopi secara manual juga sudah dikenal di dalam dan di luar negeri.

Dengan menggunakan cara manual proses ektrasi sebuah bubuk kopi akan menjadi lebih alami apalagi bila melakukan ekstrasi alami, aroma kopi tidak akan cepat hilang. Irvan yang berprofesi sebagai seorang barista mengaku kesehariannya digunakan untuk mengolah kopi dengan cara manual. Proses awalnya menggiling terlebih dahulu biji kopi dengan grinder atau mesin penggiling kopi.

Perlu diketahui kalau alat pertama yang diperlukan untuk menghancurkan biji kopi yang sudah disangrai adalah grinder atau penggiling. Grinder ini akan mengubah biji kopi menjadi partikel halus agar memungkinkan terjadinya ekstraksi/penyeduhan kopi dengan air panas.

Irvan menambahkan bahwa grinder yang baik mampu menggiling kopi dengan tingkat kekasaran yang sama, lalu menjaga gilingan supaya tidak panas dan mengatur kasar halusnya bubuk kopi. Kemudian ada empat teknik yang harus anda tahu dalam mengolah biji kopi.

Pertama Boiling yaitu proses menyeduh kopi dengan cara di rebus. Kita akan menggunakan alat Turkish coffee pot. Kemudian, metode kedua adalah Immersing atau steeping yakni proses menyeduh kopi dengan cara perendaman dalam jangka waktu tertentu. Alat yang digunakan adalah French press.

Untuk metode ketiga menggunakan Pourover atau Drip. Itu merupakan proses menyeduh kopi dengan cara di saring dengan menggunakan alat khusus. Alat yang digunakan Hario V60, kalita wave, chemex, vietnamese drip, cold drip.

Lalu metode terakhir yang biasa digunakan secara manual yaitu Pressuring. Ini adalah proses menyeduh kopi dengan cara mengekstrak kopi dengan tekanan air khusus dari sumber-sumber yang bisa menghasilkan tekanan air. Alat yang digunakan Aeropress, siphon, moka pot, percolator,

Baca juga

0 Response to "Menjaga cita rasa, ini metode seduh kopi secara manual"

Posting Komentar