Misteri Menara air Belanda kuno di Manggarai

Di daerah Kelurahan Manggarai Utara, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan terdapat bangunan kuno yang menjulang tinggi di area pemukiman padat penduduk. Siapa sangka bangunan setinggi 30 meter ini ternyata sudah berumur seratus tahun atau satu abad lebih. Dulu fungsi menara tersebut adalah untuk mendistribusikan air di daerah tersebut.

Warga sekitar menyebutnya menara air manggarai yang menurut sejarah dibangun di masa penjajahan belanda sekitar seabad lalu. Namun, kini bangunan tersebut tidak pernah dirawat sehingga tembok pembalut batu bata merah bangunan kuno itu mulai runtuh.

Ketika berkunjung disana kami mendapati menara manggarai ini dalam kondisi tertutup rapat. Di sebelah bangunan ini terdapat sebuah musholla yang digunakan oleh warganya untuk beribadah. Sedangkan tepat di belakang menara air manggarai terdapat sebuah sungai yang memiliki pondasi tembok sekitar 10 meter. Sungai ini adalah salah satu aliran air dari sungai ciliwung.

Di sini ada seorang warga bernama Soeroso yang mengenal bangunan ini sejak tahun 1951. Di tahun tersebut dia sudah mendiami rumah di sekitar menara air manggarai. Dulu fungsi menara air ini untuk menyalurkan air ke rumah-rumah di sekitar bangunan ini. Dulu di dekat bangunan tersebut berdiri perumahan untuk pegawai kereta api berpangkat rendah.

Lalu seorang warga bernama Doni usia 49 tahun mengaku sudah tinggal disini sejak tahun 1967 juga mengatakan hal yang sama. Dulu fungsi bangunan itu mengirim air untuk digunakan oleh kereta di Stasiun Manggarai.

Menurut beberapa literasi yang ditemukan, dulu menari air manggarai berfungsi menyalurkan air ke stasiun manggarai. Airnya dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan air di stasiun dan air dari menara tersebut juga mengalir melalui pipa-pipa di kawasan Manggarai hingga Matraman, Jakarta Timur.

Dalam menara air tersebut terdapat dua tangki besar yang mampu menampung air dalam jumlah banyak. Dulu Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1918 membangun menara air manggarai. Teknologi yang digunakan adalah dengan Bejana Berhubungan. Menara air manggarai  ini sering digunakan untuk menyalurkan air dan digunakan untuk memadamkan kebakaran di wilayah tersebut.

Baca juga

0 Response to "Misteri Menara air Belanda kuno di Manggarai"

Posting Komentar