Mumbai segera membuka museum di tengah perkampungan kumuh

Salah satu kota di india yang padat penduduknya dan memiliki pemukiman kumuh terbesar di dunia adalah kota Mumbai. Namun, ternyata pemukiman kumuh yang ada di negara India tersebut malah mendatangkan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke mumbai.

Alasannya ialah kota mumbai pernah dijadikan latar belakang film terkenal Slumdog Millinonaire di tahun 2008 yang merebut hati dari jutaan penonton di seluruh dunia. Supaya daya tarik dari kemiskinan kota tersebut bertambah maka rencananya pemerintah setempat akan segera membuka museum kumuh pertama di dunia.

Menurut Daily Mail, bahwa museum kumuh ini akan menampilkan benda-benda yang diproduksi di kota kumuh tersebut yang bernama Dharavi. Salah satu inisiator dari program tersebut yang bernama Jorge Rubio mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya sebuah museum dibangun di kota kumuh.

Salah hal unik dari museum tersebut adalah museum tersebut tidak dibangun secara permanen karena nantinya bisa berpindah-pindah ke tempat lain. Museum di tengah perkampungan kumuh ini rencananya akan dibuka pada bulan februari mendatang.

Museum ini akan menampilkan berbagai macam benda yang ada dan dibuat di kota mumbai mulai dari kain, gerabah dan benda yang didaur ulang. Museum ini akan diberi nama Museum Desain Dharavi. Tujuan dibangun museum di tengah perkampungan kumuh adalah karena ingin menantang pandangan orang-orang akan pemukiman kumuh di kota mumbai. Caranya adalah dengan memperlihatkan contoh hasil dari kreativitas dan kerajinan tangan penduduk yang tinggal disini.

Meskipun disebuh kampung kumuh tetapi Dharavi sudah lama memiliki kebiasaan untuk mendaur ulang suatu barang bekas dan mengadakan pameran seni sendiri. Kampung ini sendiri ditempati oleh satu juta penduduk. Di dalam kota ini bisa ditemukan berbagai macam pabrik kecil dengan beragam jenis usaha. Di mumbai setengah penduduknya yang berjumlah 20 juta orang tinggal di pemukiman kumuh tersebut sehingga masalah kebersihan di sini sangat mengkhawatirkan.

Baca juga

0 Response to "Mumbai segera membuka museum di tengah perkampungan kumuh"

Posting Komentar