Nama 6 makanan lezat khas Indonesia ini menipu banyak orang

Makanan-makanan lezat asli yang khas indonesia ini memang sebagian besar sudah terdengar biasa atau sangat akrab di telinga kita semua. Mungkin bahkan diantara sebagian besar jenis makanan tersebut sudah sering kita santap.

Namun, nama-nama makanan yang terdengar unik kadang-kadang bisa membuat kita penasaran dari mana asal usul mereka misalnya ketoprak dan bika ambon. Kenapa nama makanannya unik? Apa makanan tersebut berasal dari kota asal? Nah, untuk bisa menjawab pertanyaan diatas maka berikut ini adalah beberapa makanan tradisional yang memiliki nama yang menyesatkan.

Bika ambon
Meskipun nama makanan ini terdapat kata ambon di dalamnya tapi ternyata makanan ini bukan berasal dari kota ambon. Kenyataan yang ada jika bika ambon merupakan makanan khas kota medan, sumatera utara. Kue bertekstur serabut dan berwarna kuning ini sering dijadikan oleh-oleh buat keluarga di rumah bila wisatawan berkunjung ke kota medan. Memang asal-usul nama bika ambon masih belum diketahui sejarahnya tapi menurut warga disana jika makanan khas medan ini dulunya dibawa oleh pedagang dari ambon berabad-abad lalu.

Perut ayam
Perut ayam sangat mudah ditemukan di toko pasar tradisional yang berada di pulau jawa. Kalau belum pernah makan biasanya orang menganggap makanan ini merupakan jeroan ayam yang digoreng. Padahal makanan khas asal jawa ini malah tidak mengandung sedikitpun bahan ayam di dalamnya. Perut ayam dibuat dari adonan tepung manis yang digoreng dalam bentuk melingkar. Diameternya bahkan jauh lebih lebar dibandingkan dengan jeroan ayam yang sebenarnya dan rasanya sangat nikmat bila dikonsumsi dalam keadaan masih hangat.

Bir pletok
Bir pletok merupakan minuman yang asalnya dari betawi ternyata tidak bisa bikin orang mabuk. Bahkan minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Menurut sejarah minuman ini diminum oleh para penjajah belanda pada abad 19 silam ketika memasuki cuaca dingin. Warna merah dari minuman ini berasal dari kayu secang dan dibuat dengan menggunakan rempah-rempah asli indonesia tanpa diberi alkohol di dalamnya.

Ayam pop
Ayam pop bukan makanan gaul yang disukai oleh anak muda. Ayam pop merupakan makanan yang asalnya dari bukittinggi sumatera barat. Kata pop pada ayam ini artinya adalah meletus. Makanan ini dibuat dari ayam kampung yang kemudian direbus dengan bumbu pilihan lalu digoreng. Biasanya ayam pop disajikan dengan beragam sayuran seperti sayur singkong dan kacang panjang rebus.

Cabuk rambak
Jajanan ini sangat langka yang asalnya dari kota solo ini ternyata kini hanya bisa ditemukan di pasar tradisional. saja. Cabuk rambat dibuat dari beberapa potong ketupat yang dihidangkan dengan siraman sambal wijen, selembar kerupuk dari nasi.diatas piring yang terbuat dari daun pisang. Nama makanan ini miirp dengan sejenis hama yang menyerang tanaman. Selain kota solo ternyata ada juga cabuk rambak yang warnanya lebih pekat dibandingkan di kota solo. Cabuk rambak bisa ditemukan di kota wonogiri dan surakarta.

Ketoprak
Nama makanan ini mirip dengan seni panggung tradisional yang diselenggarakan di pulau jawa. Namun makanan ini berasal dari betawi dan tidak ada hubungan sama sekali dengan ketoprak jawa. Untuk sejarahnya memang masih simpang siur dan tidak ada yang tahu tapi menurut spekulasi orang betawi bahwa nama makanan ketoprak adalah singkatan dari ketupat, tauge, dan digeprak.

Baca juga

0 Response to "Nama 6 makanan lezat khas Indonesia ini menipu banyak orang"

Posting Komentar