Otak ternyata bisa menyimpan data sampai 1 juta Gigabyte!

Memori internal pada smartphone yang berkapasitas sebesar 32GB, 64GB, atau 128GB mungkin menjadi dambaan semua orang. Namun, perlu diketahui bahwa otak manusia bisa menyimpan data lebih banyak bahkan bisa melebihi ruang penyimpanan pada ponsel pintar kita.

Seorang Profesor dari Institut Salk, Amerika yang bernama Terry Sejnowski mengungkapkan penelitian terhadap publik bahwa otak manusia bisa menyimpan data hingga mencapai kapasitas 1 juta Gigabyte. Angka ini sepuluh kali lipat lebih besar dibandingkan penelitian yang dilakukan sebelumnya.

Menurut Terry Sejnowski mengatakan jika penghubung antara sel saraf atau setara satu sinapsis pada otak bisa menyimpan 4,7 bits data. Sementara otak memiliki 1000 trilius sinapsis. Jadi berdasarkan dari pehitungan yag dilakukan Terry Sejnowski bahwa kapasitas otak untuk menyimpan data kurang lebih sebanyak 1 petabyte atau 1 juta byte.

Bila kita melihat perbandingannya, setiap harinya perusahaan raksasa google bisa memproses data dari berbagai belahan dunia hingga mencapai 20 petabyte. Ilmuwan sendiri menyimpulkan bahwa seluruh karya tulisan manusia dan bahasa dari awal sampai sekarang ini bila dikumpulkan bisa mencapai 50 petabyte. Menurut Terry Sejnowski bahwa data yang terkumpul sangat mengejutkan neurosains.

Selain itu hasil dari penelitian yang dilakukan Terry Sejnowski tentang masalah kinerja otak secara detail bisa membuka pintu bagi perusahaan teknologi untuk menciptakan komputer supercanggih yang hemat energi layaknya otak manusia. Dengan mengetahui cara kerja otak maka kita bisa menciptakan desain komputer yang lebih baik dari sekarang.

Baca juga

0 Response to "Otak ternyata bisa menyimpan data sampai 1 juta Gigabyte!"

Posting Komentar