Rayakan hari gizi dan makanan nasional dengan sadar Gizi Seimbang

Ingatkah anda tentang slogan 4 sehat 5 sempurna yang sejak dulu telah diperkenalkan pada kita? Ya, slogan tentang gizi ini telah diperkenalkan sejak tahun 1950 oleh Prof. Poerwo Soedarmo.

Slogan 4 sehat 5 sempurna sebenarnya terinspirasi dari slogan basic four di amerika serikat yang diciptakan pada tahun 1940-an. Tujuan diciptakan slogan basic four di AS adalah untuk mencegah pola makan orang amerika yang berlebihan karena kebanyakan makanan yang dikonsumsi mengandung banyak lemak, kurang serat dan tinggi gula.

Namun, menurut hasil survei yang dirilis pada tahun 1970 menunjukkan kalau pola makan mereka masih belum terkendali karena mereka masih suka makanan cepat saji dan meningkatnya penyakit degeneratif akibat kurangnya gizi pada makanan yang dikonsumsi. Akhirnya slogan basic four ini dirubah menjadi slogan Nutrition Guide for Balance Diet yang bersimbolkan piramida.

Hal ini juga terjadi pada indonesia, pedoman 4 sehat 5 sempurna tidak lagi dipandang menurut perkembangan zaman dan teknologi yang ada sehingga pada tahun 2009, slogan ini diubah menjadi Pedoman Gizi Seimbang (PGS). Bahkan PGS sudah tercantum dalam undang-undang Kesehatan No. 36 tahun 2009.

Mengenal Gizi Seimbang
Pedoman gizi seimbang berbeda dengan slogan 4 sehat 5 sempurna karena pedoman baru ini berlaku berbeda pada setiap orang yang didasarkan pada umur, jenis kelamin, aktivitas fisik dan status kesehatan yang dimilikinya.

Pola makan pada pedoman gizi seimbang menekankan pada porsi makanan yang disesuaikan oleh kebutuhan tubuh dan jenis makanan yang dikonsumsi. PGS juga menyarankan agar memperhatikan aspek penting di luar makanan seperti pola hidup sehat, kebersihan makanan dan aktivitas fisik.

Dulu susu dipandang sebagai makanan sempurna saat memakai pedoman 4 sehat 5 sempurna tapi kini susu tidak dianggap lagi sebagai makanan sempurna. Hal ini dikarenakan penelitian yang dilakukan baru-baru ini membuktikan bahwa susu sebenarnya merupakan salah satu sumber hewani yang bisa didapatkan melalui telur, daging dan ikan.

Baca juga

0 Response to "Rayakan hari gizi dan makanan nasional dengan sadar Gizi Seimbang"

Posting Komentar