Roti Bank, cara unik India dalam memberi makan 500 duafa setiap harinya

Beberapa waktu tersiar kabar dari Kota Aurangabad, Negara Bagian Maharashtra, India yang membantu kaum Duafa dengan cara unik dan berbeda dari organisasi amal lainnya. Di kota tersebut ada sebuah pusat makanan gratis bagi ratusan kaum duafa setiap harinya dan cara mengelolanya sangat berbeda karena mirip dengan lembaga simpan pinjam.

Lembaga ini dikenal dengan nama Roti Bank yang didirikan sejak 5 Desember 2014 lalu. Ide cemerlang ini berasal dari seorang pendiri Yayasan Haroon Mukati Islamic Centre (HMIC) yang bernama Yusuf Mukati. Di Roti Bank semua makanan yang ada disini tidak ada yang dijual melainkan gratis bagi kaum duafa.

Darimana Roti Bank ini memperoleh pasokan makanan? Ternyata setiap harinya ada 300 lebih donatur yang secara sukarela menyumbangkan makanan mereka untuk kaum duafa. Siapapun berhak mendapatkan makanan disini secara gratis asalkan dia tidak mampu mencukupi kebutuhan sehari-harinya alias miskin. Biasanya orang-orang yang menerima makanan dari Roti Bank adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan, Sakit-sakitan dan berusia lanjut.

Yusuf mengungkapkan kepada media lokal bahwa selama bertahun-tahun dia melihat kaum miskin di kota tempat tinggalnya kesulitan untuk mendapatkan makanan setiap harinya. Hal itu disebabkan karena dalam satu keluarga biasanya hanya ada satu orang yang mencari nafkah.

Dari alasan itulah hati Yusuf tergerak untuk membuka Roti Bank. Yusuf sangat prihatin terhadap kaum wanita di kota ini karena tingkat perceraian disini sangat tinggi dibandingkan kota lainnya. Para wanita yang mengalami perceraian biasanya sangat kesulitan mencari nafkah sehari-hari apalagi mereka yang mempunyai anak.

Berawal dari niat tersebut Yusuf mulai berkoordinasi dengan istri dan keempat anaknya untuk membuka roti bank. Kini Roti Bank memiliki 250 deposan sejak setahun terakhir. Biasanya Roti Bank akan dibuka mulai dari jam 11 siang sampai jam 11 malam, totalnya 12 jam.

Dengan adanya Roti Bank, Yusuf berharap agar tidak ada makanan sisa yang dibuang di kota tempat dirinya tinggal. Karena dalam ajaran islam membuang makanan itu sangat dilarang. Di kota ini 30 persen penduduknya adalah warga muslim.

Baca juga

0 Response to "Roti Bank, cara unik India dalam memberi makan 500 duafa setiap harinya"

Posting Komentar