Steak Onthong, agar jantung pisang bisa naik kelas

Onthong atau jantung pisang merupakan bagian pohon pisang yang biasanya dibuang atau kadang-kadang dibuat untuk melengkapi masakan gulai, rujak dan tumisan. Kini berkat seorang koki di kota malang, Onthong bisa disulap menjadi menu istimewa ala barat yang nikmat dan lezat.

Seorang master chef bernama Eka Budi Prasetya yang bekerja di TJ Heritage Steak and Distro, di Jalan Ijen Kota Malang ini berhasil mengkreasikan steak yang dibuat dari olahan jantung pisang sebagai menu andalan di restoran tersebut. Bahan ini memang kurang disukai oleh banyak masyarakat tapi di tangannya bahan ini dirubah menjadi suatu masakan yang lezat dan unik.

Eka di TJ Heritage Steak and Distro mengatakan bahwa ontong atau jantung pisang ini digabungkan dengan masakan eropa sehingga menjadikannya masakan ala eropa berkelas yang bernama Steak Onthong.

Menurut Eka bahwa jantung pisang mengandung banyak vitamin mulai dari vitamin A, B-1, dan fosfor. Bila Onthong diolah dengan cara yang benar maka akan melahirkan masakan enak yang nutrisinya bisa bermanfaat bagi tubuh.

Steak Onthong sangat cocok buat ibu hamil. Selain itu masakan eka berkhasiat menurunkan kolesterol dan mengatasi diabet serta harganya pas bagi semua kalangan.

Eka juga tidak menyembunyikan cara bikin steak onthong malahan dia dengan senang hati mengungkapkan resepnya kepada publik. Tidak semua jantung pisang itu cocok dibuat menjadi steak onthong jadi kita harus selektif dalam memilih bahannya. Jenis jantung pisang yang enak bila diolah menjadi masakan adalah pisang batu atau pisang klutuk, pisang raja dan pisang gajih.

Langkah pertama dalam membuat steak onthong adalah membersihkan jantung pisang yang sudah dipilih. Kupas jantung pisang sampai mendapatkan bagian tengah yang benar-benar bersih. Jangan lupa dibelah dan dibuang hatinya sebelum anda memotong bahan tadi sesuai selera masing-masing.

Siapkan air yang sudah diberi garam dan jeruk nipis secukupnya. Fungsi kedua bahan ini untuk mengawetkan warnanya. Potongan jantung pisang yang dipilih bisa direndam selama 2 jam.

Setelah direndam, jantung pisang ini dimasak dalam suhu panas 85 derajat celcius dan jangan lupa untuk menambahkan berbagai macam bumbu seperti garam, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, merica, paprika dan lain-lain. Setelah sudah matang maka jantung pisang bisa dibentuk sesuai selera.

Setelah itu jantung pisang yang telah masak dibentuk seukuran dengan steak daging pada umumnya. Supaya mudah dibentuk, jantung pisang yang sudah setengah matang tadi diberi atau dicampur tepung yang berfungsi sebagai perekat. Tepung juga memberikan rasa renyah ketika digoreng.

Di waktu bersamaan, dua potong daging harus sudah disiapkan dan dipanggang dengan saus dan bumbu sudah disiapkan. Usai dipanggang, langsung saja daging disajikan dengan dibungkus daun pisang yang dibakar.

Baca juga

0 Response to "Steak Onthong, agar jantung pisang bisa naik kelas"

Posting Komentar