Sudah tahu? Manfaat kopi hitam untuk atasi asma

Tidak ada yang menyangka kalau rasa pahit kopi hitam ternyata bisa menolong seseorang yang terkena asma secara tiba-tiba. Selama terkena gejala asma biasanya lapisan saluran udara meradang atau menjadi bengkak yang diakibatkan oleh penyempitan otot di sekitar area saluran udara.

Gejala-gejala asma yang biasanya kita temui antara lain nafas cepat, kesulitan berbicara, batuk dan adanya mengi yang parah. Pertolongan pertama yang dilakukan untuk menolong penderita asma adalah dengan cara menyuruhnya untuk duduk tegak dan pakaiannya agak sedikit dilonggarkan bersama dengan penggunaan inheler.

Lalu, pertanyaannya bagaimana kalau kita tidak memiliki inheler?

Dilansir dari  thehealthsite.com bahwa kopi ternyata sangat efektif untuk pertolongan pertama bagi penderita asma hingga sampai pertolongan medis datang. Alasannya karena setiap sel dalam tubuh manusia memiliki reseptor rasa.

Hal ini juga dikarenakan rasa pahit memiliki tindakan farmakodinamik pada jaringan yang berbeda dalam tubuh. Oleh sebab itu, rasa pahit pada kopi hitam bisa melebarkan otot bronkus selama terkena serangan asma.

Para peneliti yang berasal dari University of Maryland juga mendukung pendapat diatas dan mereka juga mengungkapkan bahwa paru-paru terdapat reseptor rasa pahit. Namun, berdasarkan penelitian tersebut reseptor pada paru-paru berbeda dengan reseptor pada lidah karena tidak mengirimkan sinyal ke otak. Hanya saja reseptor pada paru-paru tersebut menanggapi zat yang memiliki rasa pahit.

Oleh sebab itu, bila anda berada di situasi ketika teman atau seseorang tiba-tiba terkena serangan asma dan dia tidak mempunyai inheler maka solusinya bisa menggunakan kopi pahit. Berikan sedikit kopi pahit pada penderita asma sambil menunggu pertolongan medis.

Baca juga

0 Response to "Sudah tahu? Manfaat kopi hitam untuk atasi asma"

Posting Komentar