Tak disangka jika seni bisa jadi makanan sehat untuk otak

Beragam bentuk seni seperti musik, film, puisi dan seni lainnya memang bisa membangkitkan perasaan dalam diri seseorang. Tidak hanya itu, seni ternyata juga terkait dengan kreatifitas yang berhubungan langsung dengan otak. Teori tersebut juga didukung oleh penelitian yang dilakukan para peneliti Johns Hopkins School of Medicine baru-baru ini.

Para peneliti mengungkapkan bahwa perasaan senang, sedih dan biasa saja atau netral akan mempengaruhi di beberapa bagian otak yang berhubungan dengan kreatifitas seseorang. Studi yang dilakukan oleh para peneliti tersebut juga menggunakan pemindai otak tentang bagaimana emosi bisa mempengaruhi kreativitas.

Dilansir dari medicaldaily.com, bahwa peneliti melaporkan kalau kreativitas dan emosi saling berhubungan erat. Mekanisme saraflah yang menciptakan kreativitas dan tergantung pada keadaan emosional. Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa para peneliti menggunakan teknologi fMRI untuk menjelajah bagian dalam otak selama improvisasi piano terinspirasi oleh isyarat emosional tertentu.

Para peneliti juga ingin mengetahui apakah ada kemungkinan motivasi emosional pada seorang musisi bisa mempengaruhi otak dan melibatkan sistem kreativitas. Untuk mengetahui hal tersebut mereka mengambil 3 foto terpisah yang mewakili emosi positif, negatif dan ambigu. Ketiga foto tersebut diambil dari 12 pianis jazz profesional. Para peneliti juga menyuruh mereka untuk memainkan komposisi musik tanpa persiapan terlebih dahulu secara terpisah.

Foto emosi positif menunjukkan gambar wanita tersenyum, sedangkan foto emosi negatif menunjukkan gambar wanita yang sama dengan ekspresi tertekan. Dan terakhir untuk emosi ambigu peneliti menunjukkan gambar wanita yang sama dengan ekspreasi yang tidak jelas.

Berdasarkan hasil studi tersebut, tim peneliti beranggapan jika dorongan untuk membuat seni mungkin berasal dari keinginan untuk merangsang wilayah otak tersebut. Jadi ibaratnya seni itu seperti makanan yang dibutuhkan oleh otak untuk mengembangkan kreativitas seseorang.

Baca juga

0 Response to "Tak disangka jika seni bisa jadi makanan sehat untuk otak"

Posting Komentar