Tanaman liar Indonesia ini ternyata bisa menjadi obat mujarab

Kekayaan alam Indonesia memang terkenal sampai mancanegara. Salah satunya adalah tanaman obatnya sudah mendunia. Kalau membicarakan masalah tanaman obat pasti paling dikenal oleh masyarakat indonesia adalah tanaman toga yang mudah tumbuh di sekitar kita.

Namun, ada tanaman obat yang bisa melebihi tanaman toga dalam hal kesehatan. Ternyata ada beberapa jenis tanaman liar yang tumbuh subur di sekitar kita yang bisa dijadikan obat segala macam penyakit. Kadang-kadang ada tanaman yang menjadi parasit pada tanaman lain.

Dilansir dari buku pintar tanaman obat bahwa setidaknya ada empat jenis tanaman liar yang bisa dijadikan obat mujarab untuk menyembuhkan beragam penyakit.

Alang-alang
Alang-alang biasanya tumbuh liar di lahan kosong. Nama ilmiah dari alang-alang adalah Imperata Cylindrica yang ternyata bisa jadi obat mujarab yang ampuh. Akar alang-alang mengandung berbagai macam senyawa seperti sejumlah besar kalsium, arundonin, fernenol, silindrin, skopoletin, katerol, asan klorogenat, simiarenol, kampesterol, stigmasterol, dan beta-sitosterol.

Dengan berbagai macam kimia alami dalam akar alang-alang bisa menyembuhkan beragam penyakit seperti penenang saraf, diuretik, penurun panas dan sebagai astrigen atau penyejuk alami. Selain itu akar alang-alang bisa digunakan untuk menurunkan demam dan panas dalam.

Bakau
Bakau biasanya digunakan untuk menahan erosi tapi siapa sangka juga bisa berkhasiat untuk kesehatan. Kandungan dalam bakau bisa berkhasiat untuk disentri, menghentikan pendarahan, melangsingkan badan, antiseptik dan homeostasis. Kulit batang dan daun yang bisa digunakan untuk mengobati.

Benalu
Merupakan sebuah tanaman parasit yang hidupnya tergantung pada tanaman lain. Benalu tidak membutuhkan tanah untuk hidup tapi menempel pada tanaman untuk diserap mineralnya. Manfaat benalu yang menempel pada teh bisa digunakan sebagai obat kanker. Lalu benalu yang menempel pada jeruk nipis bisa digunakan sebagai obat membasmi amandel. Jenis benalu yang umum biasanya digunakan untuk obat penyakit campak. Bagian benalu yang digunakan untuk mengobati adalah batangnya tapi masih belum ada penelitian resmi tentang manfaat benalu.

Beluntas
Beluntas merupakan tanaman yang bisa mencapai tinggi 2 meter dan sejenis semak yang tumbuh tegak ini ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat. Beluntas mengandung minyak atsiri dan alkaloid sedangkan akar benalu mengandung fraksi metanol.

Manfaat daun beluntas adalah untuk menambah nafsu makan, menurunkan panas, obat skabies, menyembuhkan radang, antiluka, TBC kelenjar leher, mengatasi sakit pinggang, obat batuk dan obat sakit perut. Selain itu manfaat rebusan batang dan daun benalu adalah untuk mengatasi gangguan paru-paru dan meredakan asma.

Bakung putih
Bakung putih merupakan tanaman basah dan kuat serta tingginya bisa mencapai 1,25 meter. Lingkungan hidupnya berada di hutan dan kadang-kadang bisa dijadikan tanaman hias. Tanaman ini bisa hidup subur di lokasi teduh dan lembap. Bagian yang digunakan untuk obat adalah daun, akar, umbi lapis dan biji. Daun bakung putih memiliki sifat diuretik dan akarnya memiliki sifat antiracun. Sedangkan getah umbi lapis digunakan untuk peluruh muntah.

Baca juga

0 Response to "Tanaman liar Indonesia ini ternyata bisa menjadi obat mujarab"

Posting Komentar