Tawan si Iron Man dari Bali, menciptakan tangan robotik dari rongsokan

Belakangan ini nama I Wayan Sumerdana yang dikenal dengan Taiwan ini sangat ramai diperbincangkan di media sosial karena tangan kirinya yang tidak lagi berfungsi dipasangi sebuah tangan robot. Dia juga dijuluki sebagai Iron Man in Bali. Pria yang akrab disapa Taiwan ini ternyata berasal dari Banjar Tauman, Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem di Bali.

Untuk mencari pemuda desa ini ternyata tidak semudah yang diharapkan karena untuk pergi ke desa tempatnya berasal kami harus melintasi perbukitan, lembah dan jalan aspal yang amat licin. Salah seorang warga mengatakan kalau desa yang dicari letaknya berada di ujung jalan Manggis yang harus melalui jurang berliku.

Setelah masuk desa manggis tidak perlu susah-susah lagi untuk mencari tempat usaha bengkel milik Taiwan karena semua orang sudah mengenalnya.


Di tempat tinggal Taiwan ini memang agak jauh dari peradaban kota ditambah lagi akses internet disini sangat sulit dijangkau. Namun, usaha Taiwan sangat menakjubkan karena dia bisa menciptakan tangan iron man untuk menggerakkan tangan kirinya yang lumpuh.

Awalnya dia merancang tangan robot ini untuk bertahan hidup apalagi dia memiliki istri dan tiga orang anak yang harus dinafkahi sehingga mau tidak mau berpikir keras agar bisa bekerja kembali. Setelah menciptakan robot yang diberi nama robot EEG ini, tangan kiri Taiwan bisa digerakkan kembali seperti semula.

Tawan mengaku bekerja di sebuah bengkel las yang terletak tepat di tepi Jalan Candidasa, Tenganan Pegringsingan. Di tempat ini dia membuat perabotan rumah tangga pesanan orang dari barang bekas yang ada disini.

Dengan robot yang dia rancang ini dia bisa bekerja kembali dan kalau tidak ada robot EGG tersebut dia tidak akan bisa bekerja, kata istrinya.

Sakit yang di derita Taiwan ini sejak enam bulan yang lalu ketika dokter memvonisnya terkena stroke ringan pada tangan kirinya yang mengakibatkan lumpuh total tapi dokter merasa aneh dengan kondisi Taiwan karena tekanan darah dan kadar kolesterolnya normal.

Mengalami kondisi lumpuh sempat membuat Taiwan merasa stres dikarenakan penyakitnya dan tidak bekerja untuk menafkahi istri dan anak-anaknya yang masih kecil. Berbekal kemampuannya dalam elektronika taiwan berusaha merancang alat sejenis robot untuk menggerakkan tangan kirinya.

Taiwan bukan lulusan sarjana tapi hanya lulusan Sekolah Teknik Mesin (STM) Rekayasa, Denpasar. Namun, dia berhasil membuktikan kalau dia bisa menciptakan tangan robot dari barang rongsokan ditempatnya bekerja.

Dia membutuhkan lima kali percobaan agar alatnya berfungsi dengan baik. Meski belum sempurna alat robot buatannya cukup membantu dalam pekerjaan yang dilakoninya bahkan kini dia mampu mengangkat benda yang lebih berat dengan menggunakan tangan kirinya.

Baca juga

0 Response to "Tawan si Iron Man dari Bali, menciptakan tangan robotik dari rongsokan"

Posting Komentar