Ternyata semua orang itu terlahir dengan hati yang baik

Tidak sedikit orang yang berpendapat kalau di dunia ini ada dua tipe orang yang berbeda yakni orang baik dan jahat. Bahkan orang tua zaman dulu juga berpendapat demikian. Orang-orang baik biasanya sering melakukan kegiatan sosial atau amal tanpa mengharapkan imbalan apa-apa sedangkan orang jahat itu suka membuat kerusakan di muka bumi. Namun penelitian yang dilakukan baru-baru ini mengungkapkan bahwa semua orang yang dilahirkan di dunia ini memiliki hati dan insting yang mendorong mereka untuk melakukan kebaikan.

Dikabarkan Yale University melakukan sebuah penelitian tentang kasus tersebut bahwa setiap orang di dunia ini sebenarnya memiliki hati yang baik. Dari hasil penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa insting yang dibawa oleh manusia sejak lahir ini selalu mengarahkan seseorang untuk berbuat kebaikan. Jadi intinya adalah ketika seseorang melakukan tindakan jahat maka itu berarti tandanya dia melawan instingnya sendiri.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan media game yang bertujuan untuk mengetahui perilaku atau sifat sesungguhnya manusia. Dalam game ini bisa terlihat apakah manusia sesungguhnya mempunyai sifat yang baik atau memiliki pikiran yang selalu ingin berbuat kecurangan.

Pada awalnya para peneliti berpendapat jika insting yang ada pada diri manusia itu selalu mendorongnya agar berbuat hal-hal yang egois. Tapi malah justru sebaliknya dan itu berarti insting bisa membuat manusia untuk saling bekerja sama.

Banyak ahli yang berpendapat bahwa insting yang ada pada seseorang akan selalu mendorongnya untuk berbuat baik dan bekerja sama. Hal ini timbul dari evolusi yang dialami oleh manusia. Karena manusia memiliki kemampuan terbatas untuk melakukan sesuatu maka instingnya menyuruh untuk bekerja sama dengan orang lain. Ternyata hal itu membekas pada insting manusia dan mengakibatkan timbulnya sifat kebaikan yang ada sekarang.

Sederhananya bahwa kita semua tidak boleh berprasangka buruk terhadap orang lain karena peneliti sudah menyimpulkan kalau insting pada semua manusia itu baik.

Baca juga

0 Response to "Ternyata semua orang itu terlahir dengan hati yang baik"

Posting Komentar