Tidak disangka, sejumput garam mampu berikan 8 manfaat sehat ini

Selama ini banyak penelitian yang menyuruh kita untuk tidak banyak-banyak dalam mengonsumsi garam karena para peneliti percaya bahwa bisa membuat tekanan darah melonjak. Hal ini sebenarnya tidak sepenuhnya salah karena menurut penelitian lain bahwa akibat aliran darah yang tidak sehat dikarenakan banyak garam yang masuk dalam tubuh mengakibatkan retensi cairan.

Namun, sebenarnya garam juga memiliki manfaat sehat. Garam atau disebut natirium klorida ini bisa memaksimalkan fungsi kelenjar tiroid dan mengontrol berat badan. Garam juga bisa mempertahankan mineral dalam tubuh. Nah, berikut ini manfaat sehat garam untuk kesehatan tubuh kamu.

Menurunkan berat badan
Banyak orang yang tidak percaya kalau garam bisa menurunkan berat badan. Menurut penelitian, ternyata garam memang bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh asalkan mengonsumsinya dalam jumlah wajar dan secara tepat. Dengan meningkatnya sistem metabolisme tubuh maka makanan yang masuk dalam tubuh anda akan dirubah menjadi energi, bukan menjadi lemak. Selain itu garam bisa meningkatkan kadar kortisol yang dipercaya oleh para ahli untuk menurunkan berat badan.

Meningkatkan fungsi tiroid
Dalam tubuh manusia terdapat kelenjar tiroid. Fungsinya adalah untuk mencegah sekresi hormon kortisol atau hormon stres dan untuk meningkatkan kelenjar tiroid bisa dilakukan dengan mengonsumsi garam.

Mencegah diabetes
Manfaat garam dalam tubuh ternyata mampu mengontrol kadar gula darah secara efektif serta menyeimbangkannya agar tidak terkena diabetes.

Meningkatkan kesehatan pencernaan
Asam klorida biasanya terdapat di dalam sistem pencernaan. Asam klorida tersebut tidak baik karena mengakibatkan perut jadi kembung dan bergas. Namun, bila anda mengonsumsi garam secukupnya bisa menetralisir kandungan asam klorida.

Membuat tidur lebih nyenyak
Suka mengonsumsi makanan asin ternyata bisa membuat tidur anda lebih nyenyak. Alasannya garam mencegah sekresi hormon stres dan meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. Sehingga membuat tidur anda semakin nyenyak dan badan pun jadi rileks.

Mengurangi kematian dini
Mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung garam memang penting tapi jangan terlalu berlebihan. Menurut penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi garam kurang dari 2.300 mg maka bisa menyebabkan kematian dini.

Mencegah tubuh kedinginan
Untuk mencegah sekresi adrenalin dalam tubuh maka penting untuk makan garam. Manfaat sekresi adrenalina adalah sebagai pertahanan tubuh ketika anda sedang stres atau berada di bawah tekanan sehingga detak jantung jadi meningkat dan tubuh akan menggigil kedinginan.

Mengobati alergi
Garam ternyata juga bisa mengobati orang yang terkena alergi. Caranya cukup dengan mengambil sedikit garam dan ditaruh di lidah agar bisa mencegah alergi dingin dan penyakit asma.

Baca juga

0 Response to "Tidak disangka, sejumput garam mampu berikan 8 manfaat sehat ini"

Posting Komentar