Tubuh kamu mudah sakit? Ungkap segera alasannya di sini

Tubuh yang sehat seringkali dihubungkan dengan pola gaya hidup sehat yang diikuti seperti olahraga dan pola makan sehat. Kini ada sebuah tim peneliti yang mengungkapkan bahwa sebetulnya ada faktor lain agar tubuh kita semua bisa tahan terhadap penyakit.

Tim peneliti yang berasal dari University of Edinburgh menemukan bahwa orang pintar itu biasanya lebih sehat dan bugar daripada orang yang memiliki kecerdasan rendah. Tim peneliti tersebut menemukan keterkaitan genetik antara kecerdasan dan cara tubuh mengelola penyakit.

Dilansir dari Dailymail.co.uk bahwa tim peneliti tadi telah menganalisis data dari seratus ribu orang yang ditahan di Biobank Inggris. Mereka membandingkan data uji mental setiap orang yang ada disini dengan genom masing-masing. Hasilnya tim peneliti tadi menemukan bahwa sifat-sifat saling berhubungan dengan penyakit dan pemikiran keterampilan bersama dengan pengaruh genetik yang sama.

Secara khusus mereka berhasil menemukan korelasi genetik negatif yang signifikan antara penyakit arteri koroner dan stroke, pendidikan dan keterampilan penalaran verbal-numerik dan penyakit alzheimer. Sederhananya, Kondisi kesehatan yang baik biasanya dimiliki oleh orang-orang yang berpendidikan lebih unggul.

Uniknya, tim peneliti tersebut juga mengaitkan antara resiko tinggi diabetes tipe 2 dengan orang yang meninggalkan kuliah atau berhenti sekolah. Mereka yang tidak mendapatkan pendidikan yang tinggi juga menunjukkan skor lisan-numerik yang lebih rendah. Jadi kelebihan berat badan jarang terjadi pada orang yang pintar.

Tim peneliti menemukan adanya hubungan negatif antara penalaran verbal-numerik dan indeks massa tubuh. Sederhananya, ini berarti resiko tekanan darah tinggi saling terkait dengan pendidikan rendah seseorang.

Para peneliti juga menjelaskan bahwa temuan mereka ini menjelaskan tentang adanya hubungan antara tingkat kemampuan kognitif, basis genetik untuk karakteristik yang berhubungan dengan kesehatan seperti tekanan darah, berat badan, gangguan fisik dan juga mental.

Tim peneliti juga menjelaskan bahwa tidak menutup kemungkinan kalau nanti ada varian genetik yang terkait dengan kondisi kesehatan yang memiliki efek tak langsung terhadap kemampuan kognitif seseorang.Misalnya seperti orang yang berpendidikan rendah tidaak memiliki informasi yang cukup mengenai jumlah asupan makanan dan minuman atau nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Baca juga

0 Response to "Tubuh kamu mudah sakit? Ungkap segera alasannya di sini"

Posting Komentar