Unik, lelang di pasar bunga terbesar di dunia

Lelang bunga Aalsmeer atau disebut juga dengan Bloemenveiling Aalsmeer adalah pasar pelelangan bunga terbesar dan tersibuk di seluruh dunia. Jangan pernah membandingkan pasar bunga Aalsmeer dengan pasar bunga tradisional yang ada di Belanda karena sangat jauh berbeda. Karena Bloemenveiling Aalsmeer memiliki sistem modern di dalamnya serta sangat efisien.

Menurut Amusing Planet melaporkan bahwa setiap hari di pasar bunga Aalsmeer menangani sekitar 20 juta bunga dari berbagai jenis yang berasal dari negara seluruh dunia. Memang sebagian besar bunga yang dikirim di Aalsmeer adalah bunga dari belanda tapi ada pula yang diimpor dari negara Kolombia, Kenya, Ekuador, dan Ethiopia.. Luas gudang yang ada disini mencapai 518.000 meter persegi, sangat luar sekali bukan.

Bunga-bunga yang dikirim ke tempat tersebut biasanya datang pas malam hari lalu jutaan bunga tersebut akan langsung dikirim ke sistem pendingin agar kesegarannya terjaga. Pada pagi hari lelang di pasar bunga tersebut akan dibuka. Sistem lelang yang digunakan disini sangat canggih karena para penawar disediakan sebuah tempat di ruang lelang yang dilengkapi dengan layar raksasa dan komputer di setiap meja.




Yang unik dari sistem pelelangan disini adalah penetapan harga jual bukan didasarkan pada harga paling tinggi. William Vickrey merupakan pemenang nobel dalam bidang ekonomi menciptakan sebuah sistem lelang yang ada disini. Pada saat dimulainya awal lelang, harganya akan langsung tinggi tapi angka ini akan terus turun dari 100 setiap detik.

Saat itulah para penawar yang berada disini akan mulai mengajukan pembelian. Setiap penawar disini harus jeli agar bisa mendapatkan harga yang sesuai dan kalau tidak cepat-cepat mengambil keputusan bisa kehabisan stock.

Sistem lelang yang tidak biasa di pasar bunga tersibuk di dunia tersebut sudah diterapkan sejak 17 abad yang lalu. Setelah lelang berakhir semua bunga yang dipesan akan langsung dikirimkan. Pada sore hari semua bunga akan yang ada disini akan langsung habis dan tidak akan meninggalkan sisa sama sekali. Gudang yang kosong ini nantinya akan menampung bunga segar di malam hari.

Baca juga

0 Response to "Unik, lelang di pasar bunga terbesar di dunia"

Posting Komentar